Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Guacamole, camilan khas Meksiko yang menggunakan alpukat sebagai bahan utama. ( Foto: Istimewa )

Guacamole, camilan khas Meksiko yang menggunakan alpukat sebagai bahan utama. ( Foto: Istimewa )

AS Tunda Impor Alpukat dari Meksiko

Senin, 14 Februari 2022 | 12:01 WIB
Happy Amanda Amalia (happy_amanda@investor.co.id)

MEXICO CITY, investor.id – Pemerintah Amerika Serikat (AS) telah menunda impor alpukat dari negara bagian Michoacan di Meksiko barat setelah seorang inspektur AS menerima ancaman lewat telepon. Demikian dilaporkan otoritas Meksiko pada Minggu (12/2) waktu setempat.

Disampaikan dalam siaran pers bahwa Gubernur Michoacan, Alfredo Ramirez Bedola telah menghubungi Kedutaan Besar AS di Mexico City pada Minggu untuk mencari solusi dan melanjutkan ekspor.

Advertisement

Bedola menambahkan, sekitar 140.000 ton alpukat akan diekspor ke Amerika Serikat pada Februari ini.

Baca Juga: AS-Meksiko Upayakan Kesetaraan Hubungan

Layanan Inspeksi Kesehatan Hewan dan Tumbuhan AS mengumumkan pada Sabtu (12/2) malam, “bahwa telah memutuskan untuk menghentikan kegiatan inspeksi alpukat di Michoacan sampai mendapat pemberitahuan lebih lanjut,” demikian bunyi pernyataan dari pemerintah federal, yang dilansir AFP.

Menurut badan pengawasan ekspor pertanian Meksiko, keputusan tersebut diambil setelah salah satu pejabat yang sedang memeriksa pengiriman ekspor di kota Uruapan mendapat panggilan telepon bernada ancaman di ponsel resminya.

Pemerintah menambahkan bahwa pada akhir pekan ini, otoritas federal dan negara bagian, bersama para pejabat AS di Michoacan sedang dalam pembicaraan dengan polisi untuk memperkuat langkah-langkah keamanan.

Baca Juga: RI Buka Peluang Ekspor Alpukat ke Jepang

Sebagai informasi, Michoacan adalah produsen alpukat terbesar di dunia di mana 85% hasil panennya diekspor ke Negeri Paman Sam. Di sisi lain, itu juga salah satu negara bagian Meksiko paling terpukul oleh kekerasan terkait dengan kejahatan terorganisir, yang juga menargetkan para produsen alpukat – yang kerap menghadapi kasus pencurian, penyerangan, dan pemerasan.

Pada 2019, Amerika Serikat memperingatkan sedang mempertimbangkan untuk menangguhkan pembelian alpukat Meksiko mengingat situasi keamanan di negara itu.

Penangguhan terjadi pada malam pertandingan kejuaraan Liga Sepak Bola Nasional AS. Yang mana kegiatan ini menjadi peluang pemasaran utama bagi para produsen alpukat Meksiko untuk memperkuat bahan baku guacamole, yang kerap dijadikan camilan saat menyaksikan Super Bowl.

Editor : Happy Amanda Amalia (happy_amanda@investor.co.id)

Sumber : AFP

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN