Menu
Sign in
@ Contact
Search
Logo Organisasi Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO) terpampang di sebelah gedung kantor pusat di Jenewa, Swiss,  Foto: Fabrice COFFRINI / AFP

Logo Organisasi Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO) terpampang di sebelah gedung kantor pusat di Jenewa, Swiss, Foto: Fabrice COFFRINI / AFP

WHO Serukan Peningkatan Vaksinasi di Eropa Timur

Rabu, 16 Februari 2022 | 08:34 WIB
Grace Eldora (grace.eldora@beritasatumedia.com)

KOPENHAGEN, investor.id - Kantor Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Eropa pada Selasa (15/2) menyerukan peningkatan upaya vaksinasi di Eropa Timur. Lembaga kesehatan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) tersebut memperingatkan bahwa gelombang pasang Omicron sedang menuju ke timur.

Direktur Regional WHO Hans Kluge mencatat bahwa dalam dua minggu terakhir, kasus Covid-19 meningkat lebih dari dua kali lipat di enam negara, yakni Armenia, Azerbaijan, Belarusia, Georgia, Rusia, dan Ukraina.

"Seperti yang diantisipasi, gelombang Omicron bergerak ke timur. Sepuluh negara anggota (Eropa) timur sekarang telah mendeteksi varian ini," kata Kluge.

Baca juga: WHO Desak Negara-Negara Kaya Ikut Suntik Dana Darurat Covid-19

Wilayah Eropa WHO terdiri dari 53 negara, termasuk beberapa di Asia Tengah.

Kluge menyesalkan bahwa penyerapan vaksin masih relatif lambat di beberapa bagian wilayah.

Kurang dari 40% orang berusia di atas 60 tahun telah menyelesaikan seri vaksin Covid-19 di Bosnia dan Herzegovina, Bulgaria, Kirgistan, Ukraina, maupun Uzbekistan.

Baca juga: WHO: Tragis, 500.000 Orang Meninggal Sejak Muncul Omicron

Dia menambahkan bahwa di Bulgaria, Georgia, dan Makedonia Utara, tidak sampai 40% petugas kesehatan yang sudah menerima setidaknya satu dosis vaksin Covid-19.

"Saya meminta pemerintah, otoritas kesehatan, dan mitra terkait untuk memeriksa dengan cermat alasan lokal yang memengaruhi permintaan dan penerimaan vaksin yang lebih rendah. Serta merancang intervensi yang disesuaikan untuk menaikkan tingkat vaksinasi secara mendesak, berdasarkan bukti konteks secara khusus," kata Kluge, Selasa.

Baca juga: WHO: Subvarian Omicron Ditemukan di 57 Negara

Dia menekankan bahwa dalam menghadapi gelombang pasang Omicron, sementara Delta masih beredar luas di timur, sekarang bukan saatnya untuk mencabut langkah-langkah yang diketahui berhasil dalam mengurangi penyebaran Covid-19.

Langkah-langkah ini termasuk menghindari lokasi ramai, mengenakan masker di dalam ruangan, menambah ruang ventilasi, dan menggunakan tes virus cepat untuk mengidentifikasi kasus lebih awal, tambah Kluge. (afp)

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com