Menu
Sign in
@ Contact
Search
Volodymyr Zelensky-Vladimir Putin (Foto: AFP)

Volodymyr Zelensky-Vladimir Putin (Foto: AFP)

Ukraina Minta Dunia Tingkatkan Produksi Sumber Daya Energi

Sabtu, 26 Maret 2022 | 19:22 WIB
Fajar Widhiyanto (redaksi@investor.id)

JAKARTA, Investor.id - Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy meminta negara-negara penghasil energi pada hari Sabtu (26/3/2022) untuk meningkatkan produksi sehingga Rusia tidak dapat menggunakan kekayaan minyak dan gasnya untuk "memeras" negara-negara lain.

Berbicara pada konferensi internasional Forum Doha melalui tautan video, Zelenskyy mengatakan negara-negara seperti Qatar dapat memberikan kontribusi untuk stabilisasi Eropa.

"Mereka dapat berbuat banyak untuk memulihkan keadilan. Masa depan Eropa tergantung pada upaya Anda. Saya meminta Anda untuk meningkatkan output energi untuk memastikan bahwa setiap orang di Rusia memahami bahwa tidak ada negara yang dapat menggunakan energi sebagai senjata dan memeras dunia," katanya seperti dikutip thenationalnews.com.

Invasi Rusia selaku pemasok gas utama Eropa ke Ukraina telah mempertajam kekhawatiran adanya gangguan pasokan energi dan peningkatan ketergantungan negara-negara Uni Eropa pada bahan bakar fosil impor khususnya dari Rusia.

Menurut Zelenxky, tidak ada negara yang terjamin dari guncangan akibat gangguan pasokan makanan yang terjadi karena invasi Rusia ke negaranya. Ukraina sendiri adalah salah satu produsen biji-bijian terbesar di dunia.

"Pasar dunia belum mengatasi dampak pandemi, dari guncangan harga makanan. Tidak ada yang diasuransikan terhadap guncangan ini dan Anda tidak dapat diasuransikan jika ada kelangkaan fisik makanan," katanya.

"Pasukan Rusia menutupi ladang di Ukraina hingga bermil-mil, mereka meledakkan peralatan pertanian," kata Zelensky.

Editor : Fajar Widhi (fajar_widhi@investor.co.id)

Sumber : Majalah Investor

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com