Menu
Sign in
@ Contact
Search
Tongkang membongkar muatan batubara di pembangkit listrik Yangzhou, Provinsi Jiangsu timur Tiongkok. (FOTO: STR / AFP)

Tongkang membongkar muatan batubara di pembangkit listrik Yangzhou, Provinsi Jiangsu timur Tiongkok. (FOTO: STR / AFP)

Tiongkok Potong Pajak Impor Batubara Jadi Nol Mulai 1 Mei

Kamis, 28 April 2022 | 18:41 WIB
Grace El Dora (redaksi@investor.id)

BEIJING, investor.id – Pemerintah Tiongkok akan memangkas tarif impor batubara untuk memastikan keamanan energi mulai 1 Mei 2022, kata Kementerian Keuangan pada Kamis (28/4). Tarif pajak nol akan berlaku untuk semua impor batubara hingga 31 Maret tahun depan.

Langkah ini menurut Kementerian Keuangan akan memperkuat jaminan pasokan energi dan mempromosikan pembangunan. Namun di sisi lain, ini menambah keraguan atas janji lingkungan negara itu.

Tiongkok adalah importir batubara terbesar di dunia. Tetapi volume impor turun pada kuartal I-2022 dan harga energi telah melonjak secara global sejak serangan Rusia ke Ukraina.

Baca juga: S&P Revisi Prospek Peringkat Kredit Indonesia Menjadi Stabil

Kepemimpinan Tiongkok telah berjanji bahwa negara akan mengekang konsumsi batubara setelah 2025. Hingga tahun lalu, separuh ekonomi Tiongkok didorong oleh batubara dan impor komoditas itu mencapai rekor tertinggi.

Sebagai pencemar terbesar di dunia, pemerintah Tiongkok juga telah berjanji untuk mencapai puncak emisi pada 2030 dan menjadi netral karbon pada 2060.

Regulator di Beijing telah lama berjalan di atas tali yang menyeimbangkan tujuan iklim dengan pertumbuhan domestik.

Sekarang ketika pertumbuhan melambat, pihak berwenang menggunakan formula lama yang menopang industri polutan untuk memeras ekonomi.

Tarif batubara Tiongkok saat ini berkisar antara 5%-6% untuk berbagai jenis batubara termal yang digunakan untuk menghasilkan listrik, 3% untuk batubara kokas yang digunakan untuk membuat baja.

Pada akhir 2021 pemerintah memulai pembangunan pembangkit listrik tenaga batubara senilai 33 gigawatt (GW), terbesar sejak 2016. Pembangkit ini akan menghasilkan karbon dioksida sebanyak emisi Florida dalam setahun, menurut data dari Global Energy Monitor.

Pihaknya juga membuka puluhan tambang batubara yang ditutup untuk meningkatkan produksi dalam negeri tahun lalu, setelah pemadaman listrik melumpuhkan sentra-sentra ekonomi.

Baca juga: Tiongkok Batalkan Penerbangan Setelah 1 Dugaan Covid-19

Presiden Tiongkok Xi Jinping pada Senin (25/4) menyerukan kampanye ‘habis-habisan’ untuk membangun infrastruktur, menurut media pemerintah. Pasalnya, kekhawatiran tumbuh atas dampak pembatasan virus yang ketat pada ekonomi yang dilanda Covid-19.

Editor : Grace El Dora (graceldora@gmail.com)

Sumber : AFP

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com