Menu
Sign in
@ Contact
Search
Orang-orang yang memakai masker berjalan di sepanjang sungai Cheonggye di Seoul, Korea Selatan pada 29 April 2022. (FOTO: JUNG YEON-JE / AFP)

Orang-orang yang memakai masker berjalan di sepanjang sungai Cheonggye di Seoul, Korea Selatan pada 29 April 2022. (FOTO: JUNG YEON-JE / AFP)

Korsel Tidak Lagi Wajibkan Masker Outdoor Mulai Senin

Jumat, 29 April 2022 | 14:26 WIB
Grace El Dora (redaksi@investor.id)

SEOUL, investor.id – Pemerintah Korea Selatan (Korsel) pada Jumat (29/4) secara resmi mencabut mandat penggunaan masker di luar ruangan (outdoor), yang akan dimulai minggu depan. Pelonggaran ini sebagai tanggapan atas penurunan jumlah kasus Covid-19 secara stabil, setelah lonjakan varian Omicron.

Pengumuman itu disampaikan setelah pemerintah membatalkan hampir semua pembatasan sosial lainnya di awal bulan ini. Dengan demikian, Korsel mengakhiri dua tahun persyaratan ketat yang memberi tekanan besar pada usaha kecil.

Baca juga: Tiongkok Batalkan Penerbangan Setelah 1 Dugaan Covid-19

Mulai Senin (2/4) penduduk tidak lagi diharuskan memakai masker di luar ruangan kecuali menghadiri acara dengan lebih dari 50 peserta, kata otoritas kesehatan.

“Ketika langkah-langkah jarak sosial dicabut dan mandat (penggunaan) masker sedang disesuaikan, orang-orang semakin kembali ke kehidupan normal mereka,” jelas Jeong Eun-kyeong, direktur Badan Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Korea (KDCA), Jumat.

“Ini semua berkat kesabaran dan kerja sama orang-orang selama ini,” tambah Jeong.

Pemerintahan baru Korsel, yang dipimpin oleh presiden terpilih konservatif Yoon Suk-yeol, pada Jumat mengritik keputusan untuk mengakhiri aturan wajib masker sebagai langkah prematur. Pihaknya mempertanyakan apakah itu hanya didasarkan pada langkah-langkah pencegahan virus.

Kepala tim transisi Ahn Cheol-soo, sebelumnya mengatakan pemerintah baru berencana membuat keputusan tentang mandat tersebut pada Mei 2022.

Korsel melaporkan 50.568 kasus virus corona baru pada Jumat, turun dari puncaknya lebih dari 620.000 sehari pada pertengahan Maret 2022.

Jeong KDCA mengatakan telah terjadi penurunan yang stabil dalam kasus Covid-19 selama enam minggu terakhir.

“Jumlah pasien baru yang sakit kritis juga berkurang,” katanya. Ia menambahkan bahwa rumah sakit memiliki cukup tempat tidur untuk merawat pasien rawat inap baru.

Baca juga: Cakupan Vaksinasi Covid-19 Capai 400,5 Juta Dosis

Lebih dari 86% dari 51 juta penduduk Korsel telah divaksinasi lengkap, dengan mayoritas juga menerima suntikan penguat (booster).

Korban jiwa karena virus corona mencapai 22.700 jiwa di negara itu dengan tingkat kematian 0,13%, salah satu yang terendah di dunia.

Editor : Grace El Dora (graceldora@gmail.com)

Sumber : AFP

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com