Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Gambar temuan batu seimbang yang tak jauh bentuk kepala ular besar yang mencuat dari tebing, diambil dari wahana antariksa NASA Perseverance di Mars baru-baru ini. (Foto: Facebook)

Gambar temuan batu seimbang yang tak jauh bentuk kepala ular besar yang mencuat dari tebing, diambil dari wahana antariksa NASA Perseverance di Mars baru-baru ini. (Foto: Facebook)

NASA Temukan Batu Seimbang dan Kepala Ular di Mars

Rabu, 22 Juni 2022 | 12:41 WIB
Surya Lesmana (redaksi@investor.id)

MIAMI, investor.id – Wahana antariksa NASA di Planet Mars kembali menemukan bentuk misterius di Kawah Jezero selebar 750 mil, yakni sebuah batu seukuran bola boling dengan posisi seimbang di atas batu besar yang miring dan sebuah bentuk kepala ular besar yang mencuat dari tebing.

Penemuan itu diumumkan hanya satu hari setelah NASA mempertanyakan apakah "angin" meniup sepotong insulasi roket sejauh 1,2 mil dari titik masuk Perseverance Rover di Mars, yang sempat membuat pertanyaan terkait sampah buatan manusia di Mars.

Baca juga: Ilmuwan Pelajari Mumi Putri Duyung Berusia 300 Tahun

Sebuah foto formasi batu itu dibagikan 16 Juni di Facebook, dan NASA mengatakan itu di area bernama "Hogwallow Flats." Batuan di daerah itu diyakini "berusia 3,6 miliar tahun".

"Batu di dekatnya adalah pemandangan yang harus dilihat," lapor NASA. “Lihatlah beberapa close-up ini. Banyak target potensial untuk dipelajari.”

NASA tidak membahas batu yang seimbang secara khusus, kemungkinan mengetahui media sosial akan menunjukkannya dan menimbulkan pertanyaan. Postingan tersebut telah mendapat 14.000 reaksi dan hampir 300 komentar pada pagi hari tanggal 19 Juni, termasuk beberapa yang menyebutnya “bola basket Mars.”

“Siapa yang menyeimbangkan batu itu!?” Stephen Bukowski bertanya.

“Bentuk batu ini tidak alami,” tulis Ahmad Ahmad Alawaj.

"Apakah kamu melihat alien duduk di atas batu?" Ravindu Nimsara bertanya.

Baca juga: Ditemukan, Fosil Amon yang Punah 66 Juta Tahun Lalu

Beberapa mencatat formasi ini menyerupai "kepala ular" yang mencuat dari tebing Mars.

NASA telah mengutip pelapukan sebagai kemungkinan penyebab beberapa formasi aneh batu yang terlihat di Mars, termasuk serangkaian "paku" yang difoto bulan lalu di Kawah Gale.

Batuan di dekat formasi "bola basket Mars" tampak seperti sarang lebah dengan lubang-lubang, dan Universe Magazine Space Tech mencatat salah satunya menyerupai kepala ular yang menjorok keluar dari dinding batu.

Editor : Jauhari Mahardhika (jauhari@investor.co.id)

Sumber : Miami Herald

BAGIKAN