Menu
Sign in
@ Contact
Search
Menlu Retno Marsudi. (Foto: BPMI Setpres)

Menlu Retno Marsudi. (Foto: BPMI Setpres)

Selandia Baru Bisa Jadi Jembatan ASEAN dan Pasifik Selatan

Jumat, 5 Agustus 2022 | 09:09 WIB
Fajar Widhiyanto (redaksi@investor.id)

JAKARTA, Investor.id - Sebagai powerhouse di Pasifik Selatan, Selandia Baru diharapkan dapat menjadi jembatan bagi ASEAN dengan negara-negara Pasifik Selatan. Demikian disampaikan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dalam Pertemuan Menlu ASEAN-Selandia Baru yang diselenggarakan di Phnom Penh, 4 Agustus 2022.

Disampaikan Retno, kemitraan ASEAN-Selandia Baru diharapkan akan menjadi building blocks atau pijakan bagi terciptanya perdamaian dan stabilitas di Pasifik. “Oleh karena itu, kemitraan ASEAN-Selandia baru harus diarahkan untuk memperkuat kepercayaan strategis, meningkatkan spirit kolaborasi dan memperkokoh penghormatan terhadap prinsip kedaulatan dan integritas wilayah,” ujar Retno seperti dilansir siaran pers Kemlu, Kamis (4/8/2022).

Berikutnya, kemitraan ini juga diharapkan bisa memperkuat kerja sama pembangunan dengan Pasifik Selatan. “Banyak sekali kerja sama yang dapat dilakukan antara ASEAN dengan Selandia Baru di Pasifik Selatan, termasuk kerja sama mengatasi tantangan polusi seperti marine pollution, perubahan iklim dan penanggulangan bencana alam,” ujarnya.

Untuk memperkuat kerja sama dengan negara-negara di Pasifik Selatan, Indonesia akan menyelenggarakan Indonesia-Pacific Forum for Development (IPFD) akhir tahun ini. Forum ini diharapkan akan memperkuat kerja sama ekonomi dan pembangunan dengan negara-negara Pasifik. Indonesia mengundang Selandia Baru untuk mendukung kegiatan ini.

Editor : Fajar Widhi (fajar_widhi@investor.co.id)

Sumber : Majalah Investor

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com