Menu
Sign in
@ Contact
Search
Seorang pria berjalan melewati toko SoftBank pada 8 Agustus 2022 di Tokyo, Jepang. (FOTO: AP/Eugene Hoshiko)

Seorang pria berjalan melewati toko SoftBank pada 8 Agustus 2022 di Tokyo, Jepang. (FOTO: AP/Eugene Hoshiko)

Kuartal II-2022 Raksasa Teknologi Jepang SoftBank Merugi US$ 23 Miliar

Senin, 8 Agustus 2022 | 15:24 WIB
Grace El Dora (redaksi@investor.id)

TOKYO, investor.id – Perusahaan teknologi Jepang SoftBank Group catat kerugian US$ 23,4 miliar pada kuartal II periode April-Juni 2022. Nilai investasinya merosot di tengah kekhawatiran global tentang inflasi dan suku bunga.

Kerugian SoftBank Group Corp. sebesar 3,16 triliun yen merupakan pembalikan dari laba 762 miliar yen pada kuartal yang sama tahun sebelumnya.

Perusahaan mengatakan pada Senin (8/8) bahwa penjualan kuartalan naik 6%.

Baca juga: Tiongkok Tetap Latihan Militer di Sekitar Taiwan, Tak Hiraukan Kritik

Pada tahun fiskal yang berakhir Maret 2022, Softbank mengalami kerugian sebesar 1,7 triliun yen (US$ 13 miliar), pembalikan dari laba 4,9 triliun yen untuk tahun sebelumnya. Penjualan tahunan tumbuh 10,5% menjadi 6,2 triliun yen (US$ 46 miliar).

Meskipun portofolio Softbank tidak secara langsung terdampak perang di Ukraina, perusahaan memperingatkan bahwa ketidakpastian global serta inflasi dan melonjaknya biaya energi kemungkinan akan merusak profitabilitasnya.

Kerugian selisih kurs juga menggigit pendapatannya.

Rencana penjualan Softbank untuk semikonduktor Inggris dan perusahaan desain perangkat lunak (software) Arm ke Nvidia gagal awal tahun ini. SoftBank sekarang menjanjikan pertumbuhan fundamental yang menguntungkan di Arm, termasuk menyasar penawaran umum perdana (IPO), meskipun tanggal untuk penawaran itu belum diumumkan.

Baca juga: Pengerjaan LNG Shell Terkendala Masalah Operasional

SoftBank mengakuisisi Arm pada 2016. Arm adalah pemimpin dalam kecerdasan buatan (AI), internet of things (IoT), komputasi awan (cloud), metaverse, dan mengemudi otonom. Desain semikonduktornya dilisensikan secara luas dan digunakan di hampir semua ponsel pintar, sebagian besar tablet dan televisi digital. Teknologi semacam itu dianggap sebagai kunci untuk mobil otomatis.

SoftBank juga memiliki saham di operator seluler SoftBank, penyedia layanan web Yahoo, raksasa e-commerce Tiongkok Alibaba, dan perusahaan penyewaan kendaraan Didi. SoftBank juga memiliki dana yang mencakup investor global lainnya yang disebut Vision Funds.

Editor : Grace El Dora (graceldora@gmail.com)

Sumber : REUTERS

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com