Menu
Sign in
@ Contact
Search
Petani sedang bekerja untuk mengumpulkan terong, beberapa kilometer jauhnya dari garis depan wilayah Donbass pada 10 Agustus 2022, di tengah serangan Rusia ke Ukraina. (FOTO: BULENT KILIC / AFP)

Petani sedang bekerja untuk mengumpulkan terong, beberapa kilometer jauhnya dari garis depan wilayah Donbass pada 10 Agustus 2022, di tengah serangan Rusia ke Ukraina. (FOTO: BULENT KILIC / AFP)

Update Perang di Ukraina: G7 Kecam Rusia Kuasai dan Serang Pembangkit Tenaga Nuklir Ukraina

Kamis, 11 Agustus 2022 | 11:49 WIB
Grace El Dora (redaksi@investor.id)

KYIV, investor.id – Kelompok G7 mengecam pendudukan Rusia atas pembangkit listrik tenaga nuklir Zaporizhzhya dan minta Rusia mengembalikan kendali. Di saat yang sama, pemerintah Ukraina menuduh Rusia melakukan serangan Roket yang menewaskan 14 warga sipil.

Berikut adalah perkembangan terbaru dalam perang di Ukraina.

Serangan Roket Dekat PLTN

Pemerintah Ukraina pada Rabu (10/8) menuduh Rusia melakukan serangan roket yang menewaskan 14 warga sipil di daerah dekat pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN), ketika G7 memperingatkan bahwa kendali Rusia atas fasilitas itu membahayakan kawasan.

Serangan semalam di wilayah Dnipropetrovsk, Ukraina tengah menewaskan 13 orang dan melukai 11 orang, dengan lima orang dilaporkan dalam kondisi kritis, tulis gubernur regional Valentin Reznichenko di aplikasi perpesanan Telegram.

“Itu adalah malam yang mengerikan,” katanya, Rabu. Ia mendesak warga untuk berlindung ketika mereka mendengar sirene serangan udara.

“Saya meminta dan memohon kepada Anda ... Jangan biarkan Rusia membunuh Anda,” tulis gubernur tersebut.

Baca juga: Update Perang di Ukraina: Rusia Akan Hubungkan Pembangkit Nuklir ke Krimea

Seorang wanita tewas setelah rudal Rusia menghantam sebuah desa di wilayah Zaporizhzhia pada Rabu pagi waktu setempat, tulis gubernur lokal Oleksandr Starukh di Telegram.

Sebagian besar korban berada di Marganets, tepat di seberang Sungai Dnipro dekat pembangkit listrik tenaga nuklir Zaporizhzhia, situs yang terbesar di Eropa.

Kepala dewan regional Mykola Lukashuk mengatakan serangan itu telah menghantam saluran listrik lokal, menyebabkan ribuan orang kehilangan listrik.

G7 Peringatkan Soal Pembangkit Nuklir

Negara-negara industri Kelompok Tujuh (G7) mengutuk pendudukan Rusia atas pembangkit listrik tenaga nuklir Zaporizhzhya dan menyerukan agar Rusia segera menyerahkan kembali kendali penuh pembangkit itu kepada Ukraina.

“(Staf Ukraina yang mengoperasikan pabrik) harus dapat melaksanakan tugas mereka tanpa ancaman atau tekanan. Kontrol berkelanjutan Rusia terhadap pabrik yang membahayakan kawasan itu,” kata Menteri Luar Negeri (Menlu) G7 dalam sebuah pernyataan.

Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (DK PBB) akan mengadakan pertemuan darurat hari ini, Kamis (11/8), untuk mengatasi krisis di kompleks nuklir Zaporizhzhia Ukraina, kata sumber-sumber diplomatik.

Sebuah sumber di kepresidenan Dewan Keamanan, yang saat ini dipegang oleh Tiongkok, mengatakan kepada AFP pada Rabu bahwa pertemuan itu akan diadakan pada 11 Agustus 2022 pukul 15:00 (1900 GMT).

Pengiriman Gandum Ukraina Pertama Mencari Pembeli

Pembeli baru sedang dicari untuk pengiriman biji-bijian, termasuk gandum, pertama yang meninggalkan Ukraina membatalkan pesanannya. Padahal pengiriman ini sudah berdasarkan kesepakatan dengan Rusia setelah ada pesanan dari pembeli dari Lebanon, kata Kedutaan Ukraina.

Baca juga: Warga Rusia Serbu Barang Terakhir H&M dan IKEA

Kapal Razoni berbendera Sierra Leone, yang membawa 26.000 ton jagung, saat ini berlabuh di Pelabuhan Mersin, Turki menurut situs Marine Traffic.

Kritikus TV Rusia Ditahan

Penyelidik Rusia meluncurkan penyelidikan kriminal terhadap Marina Ovsyannikova yang mengecam intervensi militer Rusia di Ukraina melalui siaran langsung televisi dan telah menahan jurnalis tersebut, kata pengacaranya.

Pada Maret 2022, Ovsyannikova yang saat itu menjadi editor di televisi Channel One menerobos masuk ke set berita malam Vremya (Time) andalannya, memegang poster bertuliskan “No War” dalam bahasa Inggris.

Editor : Grace El Dora (graceldora@gmail.com)

Sumber : AFP

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com