Menu
Sign in
@ Contact
Search
Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh RI untuk Bulgaria merangkap Albania dan Makedonia Utara Iwan Bogananta (kiri) dengan Perdana Menteri Albania Edi Rama di kantor Perdana Menteri Albania, Tirana, Senin, (26/9/2022).

Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh RI untuk Bulgaria merangkap Albania dan Makedonia Utara Iwan Bogananta (kiri) dengan Perdana Menteri Albania Edi Rama di kantor Perdana Menteri Albania, Tirana, Senin, (26/9/2022).

Bertemu PM Albania, Dubes Iwan Bogananta Sepakat Tingkatkan Kerja Sama

Selasa, 27 September 2022 | 12:50 WIB
Thomas E Harefa (thomas@investor.co.id)

TIRANA, investor.id – Ada kabar gembira dari Eropa Tenggara. Kerja sama Indonesia dengan negara-negara kawasan Balkan bakal semakin meningkat.

Hal ini tersimpulkan usai pertemuan Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh RI untuk Bulgaria merangkap Albania dan Makedonia Utara, Iwan Bogananta dengan Perdana Menteri Albania, Edi Rama di kantor Perdana Menteri Albania, Tirana, Senin, (26/9/2022).

Pertemuan ini adalah kali pertama sejak Dubes Iwan menjabat sebagai duta besar di tiga negara Balkan, yakni Bulgaria, Albania dan Makedonia Utara. Dalam pertemuan tersebut, kedua tokoh menyampaikan beberapa agenda penting di antaranya kerjasama bilateral dua negara khususnya dari sisi Trade, Tourism dan Investment (TTI).

“Dengan bangga kami sampaikan, akan ada rencana penandatangan investasi di sektor renewable energy atau green energy oleh perusahaan Indonesia di Tirana, Albania,” kata Iwan dalam keterangan tertulis, Selasa (27/9/2022).

Investasi ini merupakan outbound investment yang dilakukan oleh perusahaan Indonesia dengan tujuan untuk membuka ruang dan peluang baru bagi pasar Indonesia di wilayah Balkan dan sebagai bentuk pengembangan ekonomi di Tanah Air.

Baca juga: Dubes Iwan Bogananta Saksikan Penandatanganan MoU Suplai Tenaga Kerja ke Bulgaria

“Kami yakin, investasi tersebut nakan banyak mendatangkan sumber daya dari Tanah Air, baik itu dari material sampai ke sumber daya manusia,” jelas dia.

Perdana Menteri Albania, Edi Rama menyambut baik dan berterimakasih atas kunjungan Dubes RI serta kepercayan Indonesia terhadap Albania. “Albania akan terus mendukung rencana kerjasama bilateral dengan Indonesia ke depan, khususnya dalam sektor perdagangan, pariwisata, dan investasi,” kata dia.

Iwan dan Edi sepakat, investasi secara business to business yang dilakukan Indonesia diharapkan juga memberikan dampak kekuatan hubungan bilateral antar dua negara.

Albania merupakan negara berpenduduk 2,7 juta orang dengan populasi Muslim sebesar 56%. Albania memiliki garis pantai seluas 450 km antara Laut Adriatic dan lonian dan pelabuhan international Durres. Albania juga berpotensi untuk dijadikan hub perdagangan produk Indonesia untuk masuk ke wilayah negara-negara Balkan. Catatan perdagangan Indonesia pada 2021 ke Albania sebesar USS 10 juta.

Editor : Thomas Harefa (thomas@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com