Menu
Sign in
@ Contact
Search
Presiden Rusia Vladimir Putin. (FOTO: Dmitry Azarov/POOL/TASS)

Presiden Rusia Vladimir Putin. (FOTO: Dmitry Azarov/POOL/TASS)

Nanti Malam, Pengumuman Aneksasi oleh Putin 

Jumat, 30 September 2022 | 17:19 WIB
Happy Amanda Amalia (happy_amanda@investor.co.id)

LONDON, investor.id – Presiden Rusia Vladimir Putin akan mengumumkan aneksasi empat wilayah Ukraina sekitar pukul 15.00 waktu setempat (12.00 GMT/19.00 WIB) dalam upacara yang diadakan pada Jumat (30/9), di Aula St George yang berada di Istana Utama Kremlin (St George's Hall of the Grand Kremlin Palace).

"Besok di Aula St George di Istana Utama Kremlin pada pukul 15:00 (1200 GMT), berlangsung sebuah upacara penandatanganan terkait penggabungan wilayah baru ke Rusia," ujar Juru bicara Dmitry Peskov, yang dilansir AFP pada Kamis (29/9).

Namun upacara penekenan tersebut menuai kecaman Ukraina dan dianggap sebagai pertunjukan gila dari Kremlin. Ada pun upaya referendum yang digelar Rusia semakin meningkatkan perangnya dengan Ukraina yang telah berlangsung selama tujuh bulan sekaligus membawa invasi ke fase baru yang tidak terduga.

Baca Juga: Biden Kecam Upaya Aneksasi Wilayah Ukraina oleh Rusia

Menurut laporan, Putin bakal memimpin penandatanganan perjanjian mengenai masuknya wilayah-wilayah baru ke dalam Federasi Rusia. Langkah ini diambil menyusul selesainya pelaksanaan referendum yang diadakan secara tergesa-gesa, di mana proksi Moskow di wilayah pendudukan mengklaim mayoritas hingga 99% mendukung bergabung dengan Negeri Beruang Merah.

Baca Juga: Tensi Rusia Terhadap Ukraina Dongkrak Kinerja Emas

Baik Pemerintah Ukraina dan Barat menggambarkan pemungutan suara itu sebagai hal palsu, tidak sah dan dilakukan di bawah todongan senjata. "Referendum palsu Kremlin adalah usaha sia-sia untuk menutupi upaya lebih lanjut dalam perampasan tanah di Ukraina," ujar Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Antony Blinken pada Kamis (29/9), yang dilansir Reuters..

Sebaliknya, Rusia mengatakan orang-orang memilih dengan bebas untuk kembali ke tanah air bersejarah mereka. Namun terlepas dari kemenangan yang diatur, tindakan pencaplokan wilayah Donetsk, Luhansk, Zaporizhzhia dan Kherson sesungguhnya dilakukan di saat yang berbahaya bagi Putin.

Editor : Happy Amanda Amalia (happy_amanda@investor.co.id)

Sumber : REUTERS

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com