Menu
Sign in
@ Contact
Search
Para pemain Real Madrid mengheningkan cipta untuk mengenang para korban tewas dalam pertandingan sepak bola di Indonesia, sebelum dimulainya pertandingan sepak bola Liga Spanyol antara Real Madrid CF dan CA Osasuna di Stadion Santiago Bernabeu Madrid pada 2 Oktober 2022. (FOTO: JAVIER SORIANO / AFP)

Para pemain Real Madrid mengheningkan cipta untuk mengenang para korban tewas dalam pertandingan sepak bola di Indonesia, sebelum dimulainya pertandingan sepak bola Liga Spanyol antara Real Madrid CF dan CA Osasuna di Stadion Santiago Bernabeu Madrid pada 2 Oktober 2022. (FOTO: JAVIER SORIANO / AFP)

Dunia Heningkan Cipta untuk Korban Tragedi di Kanjuruhan Malang

Senin, 3 Oktober 2022 | 11:30 WIB
Grace El Dora (redaksi@investor.id)

HONG KONG, investor.id – Dunia bersatu mengheningkan cipta untuk korban tragedi di Kanjuruhan, Malang, setelah pihak berwenang Indonesia mengatakan bahwa setidaknya 125 orang tewas di stadion.

Musibah terjadi saat suporter Arema FC menyerbu lapangan di Stadion Kanjuruhan, menyusul kekalahan timnya 3-2 dari rival bebuyutan Persebaya Surabaya.

Baca juga: Terkejut atas Tragedi Kanjuruhan, Presiden FIFA: Ini Hari yang Gelap

AFP Sport memilih reaksi dari para tokoh dan tim sepak bola dunia.

Pemain dan Pelatih

“Fans tewas di pelukan pemain. Mental saya hancur. Saya merasakan beban berat, bahkan tanggung jawab berat,” kata pelatih Arema FC Javier Roca, dilansir dari AFP Senin (3/10). Timnya bertanding melawan Persebaya Surabaya, sebelum stadion menjadi tempat tragedi.

“Sedih mendengar kejadian di Stadion Kanjuruhan di Indonesia tadi malam. Berita mengejutkan,” kata mantan bintang Inggris Wayne Rooney.

“Memilukan. Pikiran kami bersama para korban dan keluarga mereka,” tutur bek Spanyol Sergio Ramos.

Baca juga: Berduka atas Tragedi Kanjuruhan, Liga Spanyol Mengheningkan Cipta

“Pikiran saya bersama semua orang yang terkena dampak tragedi ini. Indonesia memiliki tempat khusus di hati saya," ujar kapten sepak bola wanita Inggris Leah Williamson.

“Berita menghebohkan keluar dari Indonesia tentang peristiwa di Stadion Kanjuruhan di Malang. Pikiran saya bersama semua orang yang terkena dampak,” kata Mantan striker Inggris Michael Owen.

“Mengerikan, benar-benar mengerikan. Dunia ini gila ... Pikiran terbaik untuk keluarga,” ujar pelatih Manchester City Pep Guardiola.

Tim

“Kami menyampaikan belasungkawa tulus kami kepada para korban, keluarga mereka, dan semua orang yang terkena dampak. Kami sangat sedih mendengar peristiwa tragis di Stadion Kanjuruhan di Indonesia. Pikiran kami bersama semua yang terkena dampak,” kata pernyataan resmi dari Manchester United.

“FC Barcelona berduka atas peristiwa tragis di Stadion Kanjuruhan di Indonesia dan menolak semua tindakan kekerasan baik di dalam maupun di luar lapangan,” tegas klub sepak bola Barcelona.

“Paris Saint-Germain ingin menyampaikan belasungkawa yang terdalam kepada keluarga dan orang-orang terkasih dari mereka yang kehilangan nyawa dalam tragedi stadion di Malang, Indonesia,” kata Paris Saint Germain.

“Kami sangat berduka atas tragedi di Malang, Indonesia. Seharusnya tidak pernah ada kekerasan di pertandingan sepak bola,” sebut Ajax.

Organisasi/ Pejabat

“Hari yang kelam bagi semua yang terlibat dalam sepak bola dan tragedi di luar pemahaman,” ungkap Presiden FIFA Gianni Infantino.

Baca juga: Selain Barcelona, Liverpool Sangat Sedih atas Tragedi Kanjuruhan

“RFEF sangat menyesali tragedi itu dan mengecam tindakan kekerasan apa pun, terlebih lagi jika itu dalam suasana yang meriah, seperti permainan sepak bola yang seharusnya selalu ada,” kata Federasi Sepak Bola Spanyol. Klub-klub Spanyol mengheningkan cipta selama satu menit sebelum pertandingan Minggu (2/10).

“Pikiran semua orang di Liga Premier bersama mereka yang terkena dampak peristiwa tragis di Stadion Kanjuruhan tadi malam,” kata Liga Primer Inggris.

“Menyampaikan belasungkawa dan pikiran kami kepada para korban, keluarga, dan semua orang yang terkena dampak tragedi di Malang, Indonesia,” unggah Serie A Italia.

“Saya sangat terkejut dan sedih mendengar berita tragis seperti itu keluar dari Indonesia yang mencintai sepak bola,” ungkap Presiden Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) Shaikh Salman bin Ebrahim Al Khalifa.

“Pikiran saya bersama keluarga dan teman-teman para korban penyerbuan mengerikan di stadion sepak bola di Indonesia,” jelas Presiden Komite Olimpiade (IOC) Internasional Thomas Bach.

Baca juga; Korban Jiwa Bertambah, Tragedi Kanjuruhan Salah Satu Bencana Stadion Terburuk di Dunia

“Keluarga dan teman-teman datang ke stadion untuk mengantisipasi pertandingan sepak bola yang seru. Tapi ini berakhir dengan bencana, di mana banyak orang kehilangan nyawa. Ini adalah hari yang menyedihkan bagi Indonesia dan teman-temannya di seluruh dunia,” tutur Presiden Republik Federal Jerman Frank-Walter Steinmeier dalam suratnya kepada Presiden Indonesia Joko Widodo.

“Simpati terdalam saya untuk mereka yang terkena dampak dan keluarga mereka, dan semua warga Indonesia. Jerman berdiri di sisi mereka,” kata Kanselir Jerman Olaf Scholz.

Editor : Grace El Dora (graceldora@gmail.com)

Sumber : AFP

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com