Menu
Sign in
@ Contact
Search
CEO Binance Changpeng Zhao.

CEO Binance Changpeng Zhao.

Binance Kerahkan US$ 1 Miliar untuk Jaga Industri Kripto Setelah FTX Bangkrut

Jumat, 25 November 2022 | 09:41 WIB
Grace El Dora (redaksi@investor.id)

NEW YORK, investor.id – Bursa asset kripto (cryptocurrency) Binance mengumumkan rincian baru tentang dana pemulihan industrinya, yang bertujuan untuk menopang pemain yang berjuang setelah kebangkrutan FTX yang membawa bencana.

Dalam sebuah unggahan blog, Binance mengatakan akan mencurahkan US$ 1 miliar sebagai komitmen awal untuk dana pemulihan. Pihaknya dapat meningkatkan jumlah itu menjadi US$ 2 miliar pada suatu saat di masa depan jika diperlukan, tambah perusahaan itu.

Binance juga telah menerima komitmen US$ 50 juta dari perusahaan investasi asli kripto termasuk Jump Crypto, Polygon Ventures, dan Animoca Brands.

Baca juga: Elon Musk dan Binance Bikin Pasar Kripto Sedikit Bernafas

CEO Binance Changpeng Zhao membagikan alamat dompet publik yang menunjukkan komitmen awalnya. “Kami melakukan ini secara transparan,” katanya, Jumat (25/11). Data blockchain public yang ditinjau oleh CNBC menunjukkan saldo sekitar US$ 1 miliar dalam stablecoin BUSD milik Binance.

BUSD adalah stablecoin yang dikeluarkan oleh perusahaan infrastruktur blockchain Paxos dan disetujui serta diatur oleh Departemen Layanan Keuangan Negara Bagian New York, menurut situs web Paxos.

Dana tersebut merupakan upaya Binance untuk menjaga industri kripto tetap bertahan, setelah bursa FTX pengusaha kontroversial Sam Bankman-Fried mengajukan kebangkrutan awal bulan ini.

Zhao telah muncul sebagai sosok penyelamat baru untuk industri yang sakit, mengisi celah yang ditinggalkan oleh Bankman-Fried. Perusahaannya telah membeli atau berinvestasi di sejumlah perusahaan kripto yang dalam kesulitan, dari Voyager Digital hingga BlockFi, sebelum kebangkrutannya.

Kegagalan FTX sebagian dipicu oleh cuitan yang diunggah di media sosial Twitter oleh CEO Binance yang menarik perhatian pada laporan CoinDesk yang menimbulkan pertanyaan atas akuntansinya. Sejak penghentian cepat FTX dua minggu lalu, investor telah mencemaskan kemungkinan penularan kripto yang mempengaruhi setiap sudut industri.

Baca juga: CEO Binance: Industri Kripto Butuh Kejelasan Regulasi

Dalam sidang pengadilan pertama untuk kasus kebangkrutan pada Selasa (22/11), seorang pengacara perusahaan memberikan putusan yang memberatkan FTX dan kepemimpinannya, dengan mengatakan bahwa perusahaan tersebut dijalankan sebagai kekuasaan pribadi dari Bankman-Fried.

Binance mengatakan kendaraan itu bukan dana investasi dan dimaksudkan untuk mendukung perusahaan dan proyek. “(Yang) bukan karena kesalahan mereka sendiri, menghadapi kesulitan keuangan jangka pendek yang signifikan,” kata Zhao. Sebelumnya ia mengatakan bahwa itu adalah niatnya untuk mencegah efek penularan yang mengalir lebih lanjut, yang berasal dari keruntuhan FTX.

Binance memperkirakan program ini akan berlangsung sekitar enam bulan. Itu menerima aplikasi dari investor untuk menyumbangkan dana tambahan.

Binance mengatakan itu fleksibel pada struktur investasi dan menerima kontribusi dalam bentuk token, uang tunai, dan utang. “Kami berharap situasi individu membutuhkan solusi yang disesuaikan,” tambah perusahaan.

Sekitar 150 perusahaan telah mengajukan dukungan dari dana tersebut, kata Binance.

Baca juga: Mantan CEO FTX Kirim Surat Permintaan Maaf kepada Karyawan

Pasar kripto tidak bereaksi secara signifikan terhadap berita tersebut. Dalam satu jam terakhir, bitcoin naik sekitar 0,2%, sementara ether diperdagangkan datar untuk sesi ini.

Volume perdagangan yang tipis diperkirakan terjadi di Amerika Serikat saat orang Amerika merayakan liburan Thanksgiving.

Editor : Grace El Dora (graceldora@gmail.com)

Sumber : CNBC

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com