Menu
Sign in
@ Contact
Search
Para pengunjuk rasa berbaris di sepanjang jalan dan melambaikan kertas kosong selama unjuk rasa untuk para korban kebakaran mematikan, serta protes terhadap pembatasan Covid-19 yang keras di Beijing, Tiongkok pada 28 November 2022. (Foto: Noel CELIS / AFP)

Para pengunjuk rasa berbaris di sepanjang jalan dan melambaikan kertas kosong selama unjuk rasa untuk para korban kebakaran mematikan, serta protes terhadap pembatasan Covid-19 yang keras di Beijing, Tiongkok pada 28 November 2022. (Foto: Noel CELIS / AFP)

Xinjiang Longgarkan Aturan Covid-19 Setelah Protes Massal

Senin, 28 Nov 2022 | 18:06 WIB
Grace El Dora (redaksi@investor.id)

BEIJING, investor.id – Wilayah Xinjiang barat Tiongkok melonggarkan beberapa aturan Covid-19 di ibu kotanya, Urumqi, pada Senin (28/11). Keputusan ini baru diambil setelah kebakaran mematikan di kota itu memicu protes massal di seluruh negeri, karena menyalahkan pengendalian virus yang ketat.

Orang-orang di kota berpenduduk empat juta jiwa itu sebelumnya terkurung di rumah mereka, beberapa di antaranya hingga berminggu-minggu. Kini mereka dapat berkeliling dengan bus untuk menjalankan tugas di distrik asal mereka mulai Selasa (29/11), kata para pejabat pada konferensi pers Senin.

Baca juga: TV Tiongkok Pangkas Adegan Piala Dunia Tanpa Masker

Bisnis penting tertentu di area yang dinilai berisiko rendah juga dapat kembali operasi, dengan kapasitas 50%, sementara angkutan umum dan penerbangan akan mulai. “Dilanjutkan dengan tertib,” kata pejabat sehari sebelumnya, Minggu (27/11).

Advertisement

Sepuluh orang tewas ketika kobaran api melanda sebuah bangunan tempat tinggal di Urumqi pada Kamis (24/11) malam. Peristiwa itu mendorong massa turun ke jalan di beberapa kota di Tiongkok pada akhir pekan lalu untuk memprotes kebijakan ketat nol kasus Covid-19 di negara itu.

Banyak pengguna media sosial menyalahkan lockdown Covid-19 di Urumqi karena menghambat upaya penyelamatan. Tetapi para pejabat malah mengatakan mobil pribadi menghalangi petugas pemadam kebakaran.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Tiongkok Zhao Lijian pada Senin mengecam “pasukan dengan motif tersembunyi” karena menghubungkan kebakaran dengan Covid-19.

Tetapi setelah protes, para pejabat pada Sabtu (26/11) mengatakan kota itu pada dasarnya telah mengurangi transmisi sosial menjadi nol. “(Akan) memulihkan tatanan kehidupan normal bagi penduduk di daerah berisiko rendah secara bertahap dan teratur,” katanya.

Baca juga: Bentrokan di Tiongkok Dipicu Protes Atas Aturan Covid-19

Pejabat pada konferensi pers pada Senin mengatakan Urumqi juga akan melanjutkan layanan pengiriman paket. Tetapi pekerja logistik harus tetap berada dalam “lingkaran tertutup” di asrama perusahaan.

Dorongan nol kasus Covid-19 Tiongkok yang tak henti-hentinya telah memicu protes dan memukul produktivitas di ekonomi terbesar kedua di dunia itu. Publik semakin lelah dengan lockdown cepat, karantina yang panjang, dan kampanye tes massal.

Serangkaian aturan baru yang diumumkan oleh otoritas Beijing awal bulan ini tampaknya menandakan pergeseran dari strategi tersebut, dengan meringankan persyaratan karantina untuk memasuki negara itu dan menyederhanakan sistem untuk menetapkan area berisiko tinggi.

Tetapi para pejabat malah mengambil keputusan, bahkan menutup sebagian besar ibu kota Tiongkok karena jumlah kasus nasional melonjak melewati angka 30.000 dalam beberapa hari terakhir ke rekor tertinggi.

Baca juga: Aksi Protes Covid Meluas di Tiongkok, Minyak Ikut Bergerak Lesu

Kemarahan publik memuncak pada akhir pekan lalu, ketika ratusan orang berkumpul di kampus universitas dan kota-kota di seluruh negeri menuntut diakhirinya kebijakan nol kasus Covid-19.

Di Beijing, pemerintah kota mengatakan pada Minggu sore bahwa mereka tidak akan mengizinkan penutupan wilayah pemukiman selama lebih dari 24 jam.

Editor : Grace El Dora (graceldora@gmail.com)

Sumber : AFP

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com