Menu
Sign in
@ Contact
Search

Tak Perlu Perundingan Perjanjian Ekstradisi

Rabu, 14 Mar 2012 | 09:18 WIB
Antara (redaksi@investor.id)

JAKARTA- Pengamat Hukum Internasional Hikmahanto Juwana mengatakan bahwa tidak perlu lagi perundingan Perjanjian Ekstradisi antara Indonesia dan Singapura karena perjanjian tersebut telah ditandatangani oleh kedua kepala negara.

Hal itu dikemukakan oleh Hikmahanto dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Selasa  (13/3), terkait pernyataan bahwa Indonesia mengajak Singapura untuk melanjutkan perundingan perjanjian ekstradisi.

"Bila Perjanjian Ekstradisi hendak dituntaskan maka perundingan tidak diperlukan lagi, ... yang diperlukan adalah Singapura melepaskan syarat Perjanjian Pertahanan diratifikasi oleh Indonesia ketika Perjanjian Ekstradisi hendak diratifikasi," katanya.

Perjanjian Ekstradisi tersebut, kata Hikmahanto, telah selesai dirundingkan dan bahkan telah ditandatangani sendiri oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Perdana Menteri Lee Hsien Loong pada tahun 2007 di Istana Tampak Siring, Bali.

"Hanya saja perjanjian tersebut belum efektif karena Indonesia belum melakukan ratifikasi," katanya.

Alasan belum diratifikasi, tambah dia, adalah karena Singapura meminta Indonesia untuk secara tandem meratifikasi perjanjian pertahanan yang dikenal dengan nama Defense Cooperation Agreement (DCA).

"Ketika itu DCA oleh banyak kalangan dianggap sangat tidak berpihak pada kepentingan Indonesia. Akibatnya kehebohan ditingkat publik muncul. Publik pun tidak menghendaki buron ditukar dengan kedaulatan," ujarnya.

Kehebohan publik tersebut, menurut Hikmahanto, membuat pemerintah mengurungkan niatnya untuk mengajukan RUU Pengesahan Perjanjian Ekstradisi dan Perjanjian Pertahanan antara RI-Singapura ke Dewan Perwakilan Rakyat.(ant/hrb)

Editor : herry barus (herrybarus@yahoo.com.au)

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com