Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com

Pertumbuhan Tiongkok Harus Mencerminkan Impian Dunia

Kamis, 30 Januari 2014 | 07:05 WIB
Anis Rifatul Ummah

JAKARTA – Perekonomian Tiongkok dalam beberapa dasawarsa terakhir tumbuh pesat hingga negara ini menjelma jadi kekuatan ekonomi terbesar kedua di dunia. Pemerintahnya memiliki kewajiban dan juga ambisi untuk memajukan perekonomian dan hal ini penting juga untuk dicermati oleh negara- negara lain.

“Presiden Xi Jinping mendefinisikan impian Tiongkok sebagai hasrat rakyatnya untuk hidup seenak masyarakat lain di dunia. Tapi, meski sudah menjelma jadi yang kekuatan ekonomi kedua terbesar di dunia, tapi kemakmurannya belum merata,” ujar Ian Bremmer, presiden dan pendiri Eurasia Group, dalam kolom yang diterima Investor Daily, Rabu (29/1).

Ia menjelaskan, hal itu bisa menjadi sumber kerawanan yang besar. Jika kendali politik tetap di tangan para pemimpinnya dalam tahun-tahun ke depan, dinamika pembangunan juga harus diberdayakan. Selain perekonomian merambah ranah digital, ratusan juta rakyatnya juga harus naik menjadi kelas menengah. “Ini bukan ujian yang mudah bagi kebijakan domestik negara tersebut. Hal ini juga menjadi inti dari kebijakan luar negerinya,” tambah Bremmer.

Menurut dia, keterikatan Tiongkok dengan negara-negara lain tidak hanya didorong oleh ambisi ideologis maupun geopolitis, tapi juga untuk meningkatkan pertumbuhan dan kemakmuran. Tujuannya untuk menciptakan lapangan kerja yang bisa memperkuat keutuhan masyarakat, mengurangi kemarahan rakyat, dan sekaligus mengukuhkan mandat politik domestik Partai Komunis Tiongkok.

Baca selengkapnya di Investor Daily versi cetak di https://subscribe.investor.id

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

BAGIKAN