Menu
Sign in
@ Contact
Search

Tren Ekonomi Global Membaik

Kamis, 6 Maret 2014 | 11:32 WIB
Oleh Iwan Subarkah dan Ridho Syukra (redaksi@investor.id)

JAKARTA – Tren ekonomi global pada tahun ini terus membaik sehingga negara-negara dengan perekonomian terbesar seperti Amerika Serikat (AS) dan Tiongkok optimistis pertumbuhannya akan meningkat. Pembaikan ekonomi global itu, menurut kalangan ekonom, juga bakal berimbas ke negara-negara pasar berkembang, termasuk Indonesia.

Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama mengatakan, laju pertumbuhan ekonomi tahun ini akan menjadi yang tercepat sejak 2005. Hal ini akan membantu penurunan tingkat pengangguran untuk empat tahun berturut-turut, meski pun imbal hasil di pasar finansial naik.

Pada penyampaian rancangan anggaran tahun fiskal 2015, Selasa (4/3) waktu setempat, Pemerintah AS memperkirakan produk domestik bruto (PDB) tahun ini berekspansi 3,1%, dibandingkan 1,9% tahun lalu. Sedangkan tingkat pengangguran 2014 rata-rata diprediksi 6,9%, dibandingkan rata-rata tahun lalu yang sebesar 7,4%. Pada 2015, tingkat pengangguran rata-rata diprediksi lebih rendah lagi, yakni 6,4%. AS mengajukan anggaran belanja US$ 3,9 miliar pada tahun fiskal tersebut.

Anggaran sebesar itu berdasarkan asumsi peningkatan laju ekonomi, yang akan berdampak pada naiknya penyerapan lapangan kerja. Pemerintah AS juga tahun ini berencana memperbaiki investasi di sektor infrastruktur, menyederhanakan tarif pajak, dan meningkatkan pelatihan kerja guna terus menurunkan tingkat pengangguran.

Baca selengkapnya di Investor Daily versi cetak di https://subscribe.investor.id

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com