Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Antony Blinken. ( Foto: ANDREW CABALLERO-REYNOLDS / POOL / AFP )

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Antony Blinken. ( Foto: ANDREW CABALLERO-REYNOLDS / POOL / AFP )

AS Berharap Segera Terbuka untuk Pendatang Eropa

Sabtu, 26 Juni 2021 | 06:26 WIB
Iwan Subarkah Nurdiawan (subarkah_nurdiawan@investor.co.id)

PARIS, investor.id – Menteri Luar Negeri (Menlu) Antony Blinken pada Jumat (25/6) menyuarakan harapan bahwa warga Eropa dapat bepergian lagi ke AS, jika situasi pandemi Covid-19 terus membaik.

Sebaliknya, Uni Eropa (UE) sudah membuka pintu lagi bagi para pelancong dari AS yang sudah divaksinasi atau negatif Covid-19 hasil tesnya. UE mengincar penerimaan dari kedatangan para turis AS setelah ekonominya hancur pada 2020 akibat pandemi tersebut.

Sekarang, para pemimpin UE mendesak AS untuk melakukan hal sama. Menjawab pertanyaan di sebuah forum daring yang digelar di Paris, Prancis, Blinken memahami bahwa masalah ini dapat menjadi salah satu cara untuk memulihkan hubungan kedua pihak, yang tidak berjalan mulus di masa pemerintahan Donald Trump. Tapi Blinken tidak menyebutkan kapan warga Eropa dapat melancong lagi ke AS.

“Kami harus melandaskan diri pada ilmu pengetahuan dan pendapat para pakar medis, bukan berdasarkan keputusan politik tapi yang berlandaskan fakta-fakta. Saya berharap ini dapat segera terwujud. Kami juga sangat menginginkannya. Saya berharap bisa dalam beberapa pekan, bukan beberapa bulan,” tutur Blinken, kepada forum yang digelar jaringan Brut tersebut, yang dikutip AFP.

Tapi Blinken menyinggung naiknya kasus baru infeksi Covid-19 yang disumbang oleh varian Delta. Varian yang pertama kali terdeteksi di India ini sudah menimbulkan kekhawatiran di negara-negara Barat yang masih berjuang mengatasi pandem ini.

AS menyatakan pihaknya tidak banyak memiliki tekanan politik untuk mencabut pembatasan-pembatasan terkait penanggulangan pandemi Covid-19. Namun bila negara-negara di Eropa selatan yang bergantung pada sektor pariwisata telah mendesak UE untuk mencabut pembatasan-pembatasan, Presiden AS Joe Biden terpilih pada janji-janji yang antara lain mengatasi lebih baik pandemi tersebut.

Editor : Happy Amanda Amalia (happy_amanda@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN