Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Menteri Perdagangan (Mendag) Amerika Serikat (AS), Gina Raimondo. ( Foto: Nicholas Kamm AFP / File )

Menteri Perdagangan (Mendag) Amerika Serikat (AS), Gina Raimondo. ( Foto: Nicholas Kamm AFP / File )

AS dan UE Sepakat Cabut Tarif Impor

Senin, 1 November 2021 | 06:08 WIB
Iwan Subarkah (subarkah_nurdiawan@investor.co.id)

ROMA, investor.id – Amerika Serikat (AS) dan Uni Eropa (UE) pada Sabtu (30/10) sepakat mencabut tarif impor atas baja dan aluminum Eropa. Tarif ini dikenakan oleh AS tiga tahun lalu, di masa pemerintahan presiden Donald Trump dan membuat hubungan kedua pihak renggang.

Kesepakatan pencabutan tersebut diumumkan oleh Menteri Perdagangan AS Gina Raimondo. Ia mengatakan bahwa volume baja dan aluminum asal Eropa dalam jumlah terbatas akan diizinkan masuk ke AS tanpa tarif.

“Dengan demikian rencana kenaikan tarif balasan dari UE atas produk-produk ikonik AS seperti motor Harley-Davidson, celana jins Levi's dan bourbon Kentucky, yang dijadwalkan berlaku mulai 1 Desember, sekarang tidak akan diberlakukan,” ujar Raimondo, yang mengumumkannya dari Roma, Italia, dan dikutip AFP.

Komisioner Perdagangan UE Valdis Dombrovskis mengatakan, kedua pihak sepakat menghentikan sengketa dagang atas baja dan aluminum serta meluncurkan kerja sama berdasarkan Kerangka Global Baja dan Aluminum yang Berkelanjutan.

Trump pada Juni 2018 mengenakan tarif 25% atas baja impor dan 10% atas aluminum impor dari beberapa negara dan perekonomian, termasuk UE. Trump mengatakan, alasannya adalah demi melindungi keamanan nasional AS.

Eropa langsung membalas dengan mengumumkan tarif atas tembakau, jagung, beras, dan jus jeruk dari AS. Selain atas sepeda motor dan bourbon.

Pada Juni tahun ini, UE mengumumkan kesepakatan untuk mengakhiri sengketa subsidi Airbus dan Boeing. Dan kedua pihak menetapkan batas waktu 1 Desember 2021 untuk menyelesaikan sengketa tarif baja.

“Industri-industri (termasuk Harley-Davidson) menghadapi tarif balasan 50 persen. Tidak akan ada yang selamat dari tarif sebesar itu. Ada juga 1,7 juta pekerja AS yang bekerja di industri minuman olahan. Ada 5.600 pekerja pabrik di Harley-Davidson dan dengan kesepakatan ini seluruh lapangan kerja mereka sekarang aman,” tutur Raimondo.

Namun kesepakatan tersebut tidak menyebutkan secara pasti berapa banyak volume baja dan aluminum Eropa yang akan diizinkan masuk ke AS tanpa tarif.

“Kami harapkan kesepakatan ini akan meredakan masalah rantai pasokan dan menurunkan beberapa biaya karena kami mencabut tarif 25% dan meningkatkan volume,” lanjut Raimondo.

Editor : Happy Amanda Amalia (happy_amanda@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN