Menu
Sign in
@ Contact
Search
Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Antony Blinken. ( Foto: ANDREW CABALLERO-REYNOLDS / POOL / AFP )

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Antony Blinken. ( Foto: ANDREW CABALLERO-REYNOLDS / POOL / AFP )

AS Incar Kerja Sama Samudera Atlantik

Rabu, 21 September 2022 | 13:27 WIB
Iwan Subarkah (subarkah_nurdiawan@investor.co.id)

NEW YORK, investor.id – Amerika Serikat (AS) akan membentuk masyarakat negara-negara di lintas Samudera Atlantik dengan inisiatif senilai US$ 100 juta untuk mendukung ketahanan lingkungan serta maritim.

AS akan menggalang inisiatif ini bersama Angola, Brasil, Ghana, Portugal, dan Senegal. Perhimpunan ini secara keseluruhan akan mencakup sekitar 10 negara.

“Amerika Serikat berharap dapat bekerja sama dengan negara-negara Atlantik untuk mengembangkan skema kerja sama rutin Atlantik untuk berbagi pendekatan dalam memajukan sasaran-sasaran bersama di kawasan tersebut,” ujar sumber di Departemen Luar Negeri (Deplu) AS, seperti dikutip AFP, Selasa (20/9).

Baca Juga: Blinken Desak Tiongkok Berhenti Agresif di Asia-Pasifik

Menlu AS Antony Blinken disebutkan akan melobi negara-negara tersebut di sela Sidang Umum (SU) Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) di markas PBB, New York, AS.

Pemerintah AS di bawah Presiden Joe Biden sedang gencar mengembangkan kerja sama lingkungan di seluruh dunia. Termasuk kerja sama untuk menjaga samudera.

AS sebelumnya sangat memprioritaskan kawasan di Samudera Pasifik. Karena melihat ada potensi konflik seiring berkembangnya pengaruh Tiongkok.

Baca Juga: Inggris-AS akan Sepakati Pakta Atlantik Baru

“Sementara grup Atlantik akan mengembangkan ekonomi samudera yang lestari dan mendukung kesehatan samudera, termasuk bagaimana mengatasi perubahan iklim serta ekosistem laut,” tambah sumber itu.

Selain itu, grup Atlantik ini akan berusaha memperbaiki tata kelola maritim. Termasuk meningkatkan kerja sama di bidang operasi pencarian dan penyelamatan dan penanggulangan bajak laut.

Di AS sendiri, rencana ini harus mendapatkan persetujuan Kongres. Namun pemerintahan Biden akan mengalokasikan anggaran tambahan US$ 100 juta tahun depan untuk keperluan tersebut. Di samping US$ 400 juta yang sudah dikeluarkan setiap tahun untuk inisiatif-inisiatif maritim di Atlantik. 


 

Editor : Happy Amanda Amalia (happy_amanda@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com