Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Direktur Operasi Olimpiade dari IOC, Pierre Ducrey tampil pada layar selama konferensi pers untuk presentasi versi tiga Buku Pedoman Tokyo 2020, di Tokyo, Jepang, pada 15 Juni 2021. ( Foto: BEHROUZ MEHRI / Pool / AFP )

Direktur Operasi Olimpiade dari IOC, Pierre Ducrey tampil pada layar selama konferensi pers untuk presentasi versi tiga Buku Pedoman Tokyo 2020, di Tokyo, Jepang, pada 15 Juni 2021. ( Foto: BEHROUZ MEHRI / Pool / AFP )

Atlet Dipulangkan Jika Melanggar Protokol Covid

Rabu, 16 Juni 2021 | 07:12 WIB
Grace Eldora (grace.eldora@beritasatumedia.com)

TOKYO, investor.id - Atlet dapat dipulangkan dari Olimpiade Tokyo jika melanggar aturan-aturan terkait pencegahan virus Covid-19, termasuk tes harian dan pemakaian masker. Panitia penyelenggara Olimpiade Tokyo 2020 pada Selasa (15/6) meluncurkan pedoman terbaru, hanya lebih dari lima minggu sebelum upacara pembukaan.

Versi terbaru dan final dari aturan untuk atlet ini terdiri dari 70 halaman, lengkap dengan komik yang dimaksudkan untuk menjelaskan jaringan aturan rumit. Menurut penyelenggara, pedoman ini akan menjaga keamanan Olimpiade.

Para pejabat berharap pembatasan itu akan membangun kepercayaan di antara publik Jepang yang skeptis bahwa Olimpiade dapat diadakan dengan aman, meskipun pandemi belum terkendali.

Pejabat Olimpiade dan penyelenggara Tokyo 2020 menekankan sanksi khusus baru bagi para atlet jika melanggar aturan. Termasuk peringatan, denda, atau bahkan ketidaklayakan sementara atau permanen, atau pengecualian dari Olimpiade.

Para pejabat tidak mengklarifikasi apakah sanksi itu berarti para atlet dapat dilarang mengikuti Olimpiade di masa depan ataupun di Tokyo.

"Kami mengharapkan Anda untuk bermain sesuai aturan. Tetapi jika Anda tidak melakukannya, akan ada sanksi yang akan Anda terima," kata Pierre Ducrey, direktur operasi Olimpiade untuk Komite Olimpiade Internasional (IOC), Selasa (15/6).

Dengan hanya beberapa minggu lagi, Tokyo masih berada dalam keadaan darurat virus dan belum ada keputusan yang diambil apakah ada penonton domestik yang diizinkan untuk hadir, setelah penggemar luar negeri dilarang awal tahun ini.

Penyelenggara mencoba mengubah narasi, menekankan langkah-langkah keamanan yang mereka ambil dan bahwa mayoritas atlet dan mereka yang berada di desa Olimpiade akan divaksinasi dan dijauhkan dari publik Jepang.

"Pedoman ada untuk diikuti, tidak ada pelanggaran," kata direktur IOC Games Christophe Dubi kepada wartawan.

Penyelenggara tidak merinci sanksi mana yang akan diterapkan untuk pelanggaran mana, dan juga mengatakan mereka tidak bisa merinci ukuran potensi denda. Sebuah komite disiplin akan mendakwa, dengan menimbang setiap pelanggaran dan kemungkinan hukuman.

 

Editor : Happy Amanda Amalia (happy_amanda@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN