Menu
Sign in
@ Contact
Search
Presiden Amerika Serikat Joe Biden. (FOTO: Nicholas Kamm / AFP)

Presiden Amerika Serikat Joe Biden. (FOTO: Nicholas Kamm / AFP)

Biden: Baik-Baik Saja Setelah Positif Covid-19

Jumat, 22 Juli 2022 | 11:14 WIB
Grace El Dora (redaksi@investor.id)

WASHINGTON, investor.id – Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden mengatakan bahwa dirinya baik-baik saja setelah hasil tesnya untuk Covid-19 positif. Biden yang berusia 79 tahun berjanji untuk terus bekerja sambil menjalani isolasi di Gedung Putih dengan hanya gejala ringan.

Dokter pribadi Biden, Kevin O'Connor, menulis dalam catatan resmi bahwa presiden AS itu mengalami kelelahan, pilek, dan sesekali batuk kering mulai Rabu (20/7) malam waktu setempat.

Biden sesekali mengunggah serangkaian video yang menunjukkan bahwa ia tetap memimpin negara. Biden mengunggah foto dirinya bekerja di mejanya dan klip video pendek yang direkam di balkon Gedung Putih. “Saya baik-baik saja,” unggahnya, Kamis (21/7).

Baca juga: Australia Sementara Setujui Vaksin Covid-19 Moderna untuk Balita

Hey folks, saya kira Anda mendengar pagi ini saya dinyatakan positif Covid-19,” kata presiden tersebut saat mengenakan blazer tanpa dasi, sedikit tersenyum.

“Gejalanya ringan, saya sangat menghargai semua pertanyaan dan perhatian Anda ... itu akan baik-baik saja,” lanjutnya.

Mengumumkan diagnosis, Gedung Putih menekankan bahwa presiden telah sepenuhnya divaksinasi dan dua kali suntikan penguat (booster). Dikatakan, Biden mengonsumsi pil Paxlovid Pfizer, antivirus yang digunakan untuk meminimalkan keparahan Covid-19.

“Konsisten dengan pedoman CDC (Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit), dia akan isolasi di Gedung Putih dan akan terus menjalankan semua tugasnya sepenuhnya selama waktu itu,” tambahnya.

Presiden dinyatakan positif dalam tes antigen cepat Kamis pagi sebelum hasilnya dikonfirmasi oleh tes polymerase chain reaction (PCR).

Kesehatannya baik secara umum. Tetapi sebagai presiden AS tertua yang pernah terpilih, kekhawatiran meningkat atas dampak Covid-19. Pemeriksaan fisik pada November tahun lalu menemukan Biden layak untuk bertugas.

Baca juga: Gaya Hidup Hybrid Working Jadi Tren Pasca Pandemi Covid-19

Tetapi menghadapi beban kerja yang berat, Biden seperti presiden lain sebelum dia telah menunjukkan ketegangan. Jalannya lebih kaku, rambutnya lebih tipis, dan pidatonya kurang lancar daripada ketika dia menjabat.

Secara politis Biden juga berada dalam masa kepresidenan yang sulit. Ia harus menghadapi pemilihan tengah semester pada November 2022, yang diperkirakan akan menyakitkan bagi Partai Demokrat serta penurunan peringkat penilaian pribadi.

Editor : Grace El Dora (graceldora@gmail.com)

Sumber : AFP

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com