Menu
Sign in
@ Contact
Search
Sebuah jam terlihat di dekat logo bank Swiss Credit Suisse di alun-alun Paradeplatz Zurich, Swiss pada 5 Oktober 2022. (Foto: REUTERS/Arnd Wiegmann)

Sebuah jam terlihat di dekat logo bank Swiss Credit Suisse di alun-alun Paradeplatz Zurich, Swiss pada 5 Oktober 2022. (Foto: REUTERS/Arnd Wiegmann)

Credit Suisse Yakinkan Investor dengan Buyback Utang US$ 3 Miliar

Jumat, 7 Okt 2022 | 15:29 WIB
Grace El Dora (redaksi@investor.id)

ZURICH, investor.id – Credit Suisse akan membeli kembali hingga 3 miliar franc Swiss (US$ 3 miliar) utang, kata bank Swiss itu dalam pengumuman Jumat (7/10). Perusahaan menunjukkan kekuatan karena berusaha meyakinkan investor setelah pekan yang penuh gejolak.

Ini adalah langkah memangkas beban utang bank, sekaligus upaya meningkatkan kepercayaan investor setelah penurunan tajam harga saham dan obligasi. Desas-desus yang tidak berdasar bahwa masa depannya diragukan telah beredar di media sosial, di tengah kekhawatiran bahwa mungkin perlu mengumpulkan miliaran franc dalam modal baru.

Baca juga: Apakah Benar Credit Suisse Bakal seperti Lehman Brothers?

Salah satu bank terbesar di Eropa itu harus meningkatkan modal, menghentikan buyback saham, memotong dividen, dan mengubah manajemen setelah kehilangan lebih dari US$ 5 miliar dari runtuhnya perusahaan investasi Archegos pada Maret 2021. Ketika itu bank juga harus menangguhkan klien dana terkait dengan runtuhnya pemodal Greensill.

Advertisement

Pada 8 Maret 2021 Greensill mengajukan perlindungan kepailitan, karena tidak dapat mengembalikan pinjaman US$ 140 juta kepada Credit Suisse dan terkena gagal bayar (default) dari Aliansi GFG Sanjeev Gupta, salah satu pelanggan utamanya.

Credit Suisse mengatakan buyback akan memungkinkan bank memanfaatkan kondisi pasar untuk membeli kembali utang dengan harga menarik. Sahamnya terindikasi 1,5% lebih tinggi dalam aktivitas pra pasar di bursa Swiss, menunjukkan beberapa bantuan investor.

“Ini adalah langkah oportunistik untuk mengambil keuntungan dari kondisi pasar yang mungkin meyakinkan beberapa investor. Jika dibeli di bawah par, hasil keuntungan yang akan meningkatkan modal sedikit,” kata analis Vontobel, Andreas Venditti pada Jumat.

Baca juga: CDS Credit Suisse Turun karena Kegelisahan ‘Momen Lehman’ Mereda

Eksekutif bank telah menghabiskan akhir pekan lalu untuk meyakinkan klien besar, rekanan, dan investor tentang likuiditas berikut modalnya. CEO Ulrich Koerner juga memberi tahu staf dalam sebuah memo bahwa ia memiliki modal dan likuiditas yang cukup.

Awal pekan ini, dalam langkah yang tidak biasa, Swiss National Bank yang mengawasi stabilitas keuangan bank-bank yang penting secara sistemik di Swiss mengatakan sedang memantau situasi di Credit Suisse.

Bank dan kelompok perbankan dianggap penting secara sistemik, jika kegagalan mereka bisa menyebabkan kerugian yang signifikan terhadap ekonomi dan sistem keuangan Swiss.

Credit Suisse mengatakan pihaknya membuat penawaran tender tunai 1 miliar euro sehubungan dengan sekuritas utang senior berdenominasi delapan euro atau poundsterling, berserta tawaran lain untuk membeli kembali sekuritas utang senior berdenominasi dolar Amerika Serikat (AS) hingga US$ 2 miliar.

Bank akan memresentasikan strategi bisnis barunya pada 27 Oktober 2022 di hari pengumuman laporan keuangan kuartal III-2022.

Lembaga pemeringkat internasional Moody's Investors Service memperkirakan kerugian untuk Credit Suisse membengkak menjadi US$ 3 miliar pada akhir tahun. Ini berpotensi membawa modal intinya di bawah level kunci 13%, kata analis utama Moody kepada Reuters, Kamis (6/10).

Baca juga: Swiss National Bank Pantau Situasi Credit Suisse

Bank Swiss itu telah mengerjakan kemungkinan penjualan aset dan bisnis, dalam upaya kembali ke profitabilitas.

Pihaknya juga mengatakan ingin menjual Hotel Savoy yang terkenal di jantung distrik keuangan Swiss, sebuah kesepakatan yang menurut media lokal dapat menghasilkan sekitar 400 juta franc.

(US$ 1 = 0,9897 franc Swiss)

Editor : Grace El Dora (graceldora@gmail.com)

Sumber : REUTERS

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com