Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Tiga kandidat ketua Eurogroup (kiri-kanan): Menteri Keuangan Luksemburg Pierre Gramegna; Menteri Urusan Ekonomi Spanyol Nadia Calvino; dan Menteri Keuangan Irlandia Paschal Donohoe. ( Foto: EMMANUEL DUNAND, JAVIER SORIANO, PAUL FAITH / AFP )

Tiga kandidat ketua Eurogroup (kiri-kanan): Menteri Keuangan Luksemburg Pierre Gramegna; Menteri Urusan Ekonomi Spanyol Nadia Calvino; dan Menteri Keuangan Irlandia Paschal Donohoe. ( Foto: EMMANUEL DUNAND, JAVIER SORIANO, PAUL FAITH / AFP )

Di Ambang Resesi, Zona Euro Memilih Ketua Baru

Kamis, 9 Juli 2020 | 22:59 WIB
Grace Eldora (grace.eldora@beritasatumedia.com)

BRUSSEL, investor.id - Para menteri keuangan (menkeu) zona euro, yang dikenal sebagai Eurogroup, memilih ketua baru pada Kamis (9/7) waktu setempat. Ketua baru akan dihadapkan pada ancaman resesi terburuk dalam sejarah Uni Eropa (UE).

Di antara 19 menteri, tiga orang mendapat tawaran untuk jabatan itu, antara lain Nadia Calvino dari Spanyol, favorit yang merupakan bagian dari pemerintah sayap kiri Madrid. Selain itu Paschal Donohoe dari garis kanan-tengah Irlandia dan sentris Luksemburg Pierre Gramegna.

Tugas ketua Eurogroup dianggap sebagai salah satu posisi kunci Eropa. Bersama dengan kepala Komisi Eropa, Dewan UE dan Parlemen Eropa.

Siapa pun yang menang akan ditugasi mengawasi rencana pemulihan besar-besaran UE yang masih dalam negosiasi. Serta menghidupkan kembali reformasi terhenti dari mata uang tunggal yang secara luas dipandang perlu diperbaiki.

Ekonomi zona euro akan dikontrak oleh rekor 8,7% tahun ini, dengan pengangguran massal dan konsekuensi mengerikan lainnya yang masih memungkinkan.

Calvino (51) dapat menjadi perempuan pertama yang memimpin Eurogroup. Ia mendapat dukungan dari Kanselir Jerman Angela Merkel dan negara-negara selatan. Tetapi seorang sumber dari Eropa mengatakan, dia juga mendapat tentangan besar dari Belanda dan seluruh kelompok yang mengatakan mereka memilih lebih baik mati.

Lawan Calvino, terutama dari negara-negara anggota pasar bebas, mengatakan pekerjaan itu membutuhkan kompromi di antara negara-negara utara yang menganut disiplin anggaran. Sedangkan negara-negara di selatan dianggap lebih longgar.

Perpecahan utara-selatan semakin penting karena negara-negara merundingkan rencana pemulihan ekonomi senilai 750 miliar euro. Dikenal sebagai Frugal Four, Belanda dan Austria bekerja sama dengan Swedia dan Denmark yang non-euro. Keempatnya ragu atas perlunya gelombang besar pengeluaran UE.

Berseberangan dengan mereka adalah Italia dan Spanyol, yang melihat rencana itu diperlukan untuk membantu Eropa dan menunjukkan solidaritas dengan negara-negara yang paling terpukul oleh pandemi.

"Spanyol memiliki posisi yang sangat kuat sekarang dalam diskusi ini, yang akan menjadi jantung dari urusan di Eurogroup," kata sumber Eropa, Kamis (9/7).

Mengingat kekhawatiran itu, kedua negara luar (euro) itu diyakini telah berusaha mengalahkan Calino. Donohoe (45) minggu lalu mendapat dukungan dari Partai Rakyat Eropa (EPP) yang menyatukan kaum konservatif Eropa, termasuk CDU Merkel di Jerman. Pria asal Irlandia itu dianggap sebagai juru kunci yang berhati-hati, menjaga negaranya tetap di jalur yang benar setelah kerusakan akibat krisis utang zona euro.

"Dia memiliki peluang serius, karena akan sulit bagi Nadia Calvino untuk mendapatkan 10 suara," kata seorang diplomat Eropa.

Mantan diplomat Gramegna (62) adalah veteran dari Eurogroup, yang telah ia ikuti sejak 2013. Dia mencoba peruntungan pada 2017 melawan Mario Centeno yang berbicara dengan suara lembut. Sebelumnya Centeno mengundurkan diri setelah satu termin karena ia tidak meninggalkan kesan kuat. 

 

Editor : Happy Amanda Amalia (happy_amanda@investor.co.id)

Sumber : AFP

BAGIKAN