Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Logo produsen mobil Amerika Serikat (AS), Tesla dan Bitcoin. ( Foto: Artur Widak / NurPhoto via Getty Images )

Logo produsen mobil Amerika Serikat (AS), Tesla dan Bitcoin. ( Foto: Artur Widak / NurPhoto via Getty Images )

Dukungan Baru dari Tesla Dongkrak Harga Bitcoin

Selasa, 27 Juli 2021 | 05:49 WIB
Grace Eldora (grace.eldora@beritasatumedia.com)

LONDON, investor.id – Harga bitcoin melonjak mendekati US$ 40.000 pada Senin (26/7) setelah produsen mobil listrik Tesla menyatakan dukungan baru untuk mata uang kripto paling populer di dunia itu.

Unit bitcoin melonjak 15% di perdagangan Asia ke level tertinggi dalam satu bulan di level US$ 39.681, didukung juga oleh laporan bahwa raksasa ritel AS Amazon sedang mempertimbangkan penggunaan teknologi kripto.

"Bullish sudah kembali dan sepertinya kembali dengan sepenuh hati. Salah satu peristiwa terbesar adalah (bos Tesla) Elon Musk sekali lagi menunjukkan dukungan untuk bitcoin dan menunjukkan fakta bahwa Tesla kemungkinan akan mulai menerima bitcoin lagi," kata analis AvaTrade Naeem Aslam, yang dikutip AFP.

Namun, unit virtual tersebut masih jauh dari rekor puncak mendekati US$ 65.000 yang tercapai pada April 2021.

Elon Musk mengatakan pada Rabu (21/7) bahwa dirinya secara pribadi telah berinvestasi dalam bitcoin dan kripto yang lainnya. Dia menegaskan kalau dirinya tidak memanipulasi ataupun membuang mata uang digital.

Dalam diskusi daring yang melibatkan pendiri Twitter dan Square Jack Dorsey, Musk mengatakan dirinya percaya pada kripto sebagai cara untuk meningkatkan kekuatan individu dalam kaitannya dengan pemerintah. Ia juga menyampaikan telah berinvestasi di ethereum dan dogecoin, selain di bitcoin.

Musk mengatakan dirinya kehilangan uang ketika nilai bitcoin dan kripto lainnya menurun. Tetapi dia tidak menjualnya meskipun terjadi volatilitas.

"Saya melepas, tetapi tidak membuangnya. Saya ingin melihat bitcoin berhasil," katanya kepada forum yang disponsori oleh Crypto Council for Innovation.

Musk mengatakan, ia berharap Tesla akan melanjutkan penjualan mobil dengan bitcoin. Cara pembayaran dengan bitcoin itu ditundanya karena Tesla prihatin dengan pemborosan energi untuk menambang kripto.

"Misi Tesla adalah mempercepat munculnya energi berkelanjutan. Kami tidak bisa menjadi perusahaan yang melakukan itu dan juga tidak melakukan ketekunan yang tepat pada penggunaan energi sekarang sepertinya bitcoin lebih banyak beralih ke energi terbarukan," kata dia.

Dorsey, melalui perusahaan pembayaran digital Square, baru-baru ini mengumumkan rencana untuk meluncurkan dompet bitcoin. Ia mengatakan, dirinya percaya pada mata uang tersebut sebagai cara untuk mengurangi biaya transaksi dan meningkatkan kehidupan masyarakat.

Dorsey mengatakan, dirinya melihat bitcoin sebagai mata uang asli untuk internet yang memungkinkan lebih banyak orang untuk dengan mudah membuat pembayaran lintas batas dan mendukung model bisnis online yang berbeda.

Bagi Twitter, tambah dia , bitcoin menciptakan begitu banyak model bisnis yang berbeda yang contohnya dapat mengurangi ketergantungan pada iklan.

 

Editor : Happy Amanda Amalia (happy_amanda@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN