Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Mobil listrik Hummer dari General Motors model 2024 GMC Hummer EV SUV. ( Foto: GMC )

Mobil listrik Hummer dari General Motors model 2024 GMC Hummer EV SUV. ( Foto: GMC )

Hummer akan Dirilis Lagi Sebagai SUV Listrik

Senin, 5 April 2021 | 06:52 WIB
Iwan Subarkah Nurdiawan (subarkah_nurdiawan@investor.co.id)

DETROIT, investor.id – General Motors (GM) pada Sabtu (2/4) waktu setempat mengumumkan mobil sport utility vehicle (SUV) listrik Hummer. Mobil yang akan berada di bawah lini merek GMC itu harga jualnya bakal di atas US$ 110.000 per unit saat mulai dipasarkan pada 2023.

Mobil ini akan mendampingi mobil merek sama tapi modelnya bak terbuka, yang dijadwalkan mulai dipasarkan pada musim gugur tahun ini.

“GMC Hummer EV dibuat sebagai truk besar listrik paling mumpuni dan menarik yang pernah ada,” ujar Duncan Aldred, wakil presiden global GMC, dalam pernyataannya seperti dikutip CNBC.

SUV GMC Hummer EV model 2024 ini akan memiliki torsi yang sama dengan model bak terbuka, yakni hingga 11.500 pon kaki. Tapi daya jangkaunya akan lebih pendek sekitar 80,5 km dan daya kudanya lebih kecil 170. Juga bakalan lebih lambat setengah detik dibandingkan model bak terbuka. Lantaran ukuran baterainya juga akan lebih kecil.

Model SUV ini diperkirakan memiliki daya jelajah antara 402 km dan lebih dari 482 km bergantung pada modelnya. Kecepatannya dari 0-100 km per jam disebutkan sekitar 3,5 detik. Sedangkan kekuatannya hingga 830 daya kuda.

Sementara harga jualnya mulai US$ 80.000 untuk yang standar dan US$ 110.595 untuk model peluncuran khusus “Edition 1” yang akan dilengkapi paket off-road ekstrem. Harga pasarannya nanti akan bergantung pada daya jelajah per sekali baterai penuh, performa, dan ukuran baterainya.

GM menyatakan akan mulai memproduksi model paling mahal pada awal 2023. Diikuti dengan model-model yang lebih murah pada musim semi 2024. Namun pemesanan sudah dapat dilakukan via situsnya.

Mobil SUV dan juga jenis bak terbuka ini akan diproduksi di pabrik perakitan GM di Detroit. Keduanya akan menjadi Hummer yang pertama, sejak GM mendiskontinyu model-model sebelumnya pada 2020.

Presiden GM Mark Reuss sebelumnya mengatakan, keputusan untuk membangkitkan lagi Hummer sebagai mobil listrik berangkat dari pembahasan antara dirinya dan CEO GM Mary Barra. Yang dibayangkan oleh GM adalah Hummer hadir untuk pembeli generasi baru.

“Kami ingin saja mewujudkannya. (Karena) kami melihat peluang untuk jenis truk. Kami selalu ingin mewujudkannya dengan Hummer, tapi harus sangat berbeda dibandingkan sebelumnya yang sangat boros bensin, sehingga kami memutuskan untuk mengubahnya (jadi mobil listrik),” tutur Reuss.

Hummer bak terbuka listrik, yang dinamai oleh GM sebagai sport utility truck (SUT) akan menjadi mobil pertama dari platform mobil listrik generasi mendatang GM. Produsen ini sudah merencanakan investasi senilai US$ 27 miliar untuk mengembangkan mobil listrik dan mobil otonom hingga 2025.

 

Editor : Happy Amanda Amalia (happy_amanda@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN