Menu
Sign in
@ Contact
Search
Indonesia menerima estafet menjadi Ketua Asean tahun 2023 dari dari Kamboja. Penyerahan estafet berlangsung pada Upacara Penutupan KTT Ke-40 dan Ke-41 di Hotel Sokha Phnom Penh, Kamboja, Minggu (13/11/2022).

Indonesia menerima estafet menjadi Ketua Asean tahun 2023 dari dari Kamboja. Penyerahan estafet berlangsung pada Upacara Penutupan KTT Ke-40 dan Ke-41 di Hotel Sokha Phnom Penh, Kamboja, Minggu (13/11/2022).

Jadi Ketua Asean 2023, Presiden Jokowi: Asean Jadi Kawasan Bermartabat

Minggu, 13 Nov 2022 | 20:09 WIB
Novy Lumanauw (novy@investor.co.id)

PHNOM PENH, Investor.i - Indonesia menerima estafet menjadi Ketua Asean tahun 2023 dari dari Kamboja. Penyerahan estafet berlangsung pada Upacara Penutupan KTT Ke-40 dan Ke-41 di Hotel Sokha Phnom Penh, Kamboja, Minggu (13/11/2022).

Saat itu, Presiden Jokowi menerima secara simbolis palu dari Perdana Menteri Kamboja Hun Sen sebagai penanda bahwa Indonesia telah menjadi Ketua Asean.

Baca juga: Bicara di KTT ASEAN-Jepang, Jokowi Bahas Ekosistem Kendaraan Listrik

“Sebuah kehormatan bagi Indonesia menjadi Ketua Asean tahun 2023. Keketuaan Indonesia akan menjadikan Asean Matters: Epicentrum of Growth,” ujar Presiden Jokowi.

Advertisement

Presiden Jokowi mengatakan, Asean harus menjadi kawasan yang stabil dan damai serta menjadi jangkar stabilitas dunia. Asean juga harus konsisten menegakkan hukum internasional dan tidak menjadi proksi siapapun.

“Asean harus menjadi kawasan yang bermartabat, serta menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan dan demokrasi,” ucap Presiden Jokowi dalam sambutannya.

Baca juga: Jokowi Harapkan ASEAN-India Jadi Pendorong Penyelesaian Isu Pangan dan Kesehatan

Presiden Jokowi juga menginginkan Asean menjadi kawasan ekonomi yang tumbuh cepat, inklusif, dan berkelanjutan. Peningkatan kapasitas institusi Asean menjadi perhatian Presiden Jokowi agar mampu menjawab tantangan 20 tahun ke depan. Ia berharap pada 2045 Asean harus lebih adaptif, responsif, dan berdaya saing.

“Semua itu harus diperjuangkan dengan cara Asean yaitu konsisten dengan semangat kerja sama serta menjalankan Piagam Asean seutuhnya,” kata dia.

Baca juga: Jokowi: Asean Plus Three Harus Siap Tangani Krisis Pangan dan Resesi Ekonomi

Pada kesempatan itu, Presiden Jokowi secara khusus mengundang seluruh pemimpin Asean untuk hadir pada KTT Asean di Indonesia tahun depan. “Saya tunggu kehadiran Yang Mulia di Indonesia tahun depan,” kata Presiden Jokowi.

Hadir mendampingi Presiden Jokowi pada upacara penutupan KTT ASEAN Kamboja, Menko Polhukam Mahfud MD, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, dan Menteri Sekretaris Negara Pratikno.

Editor : Parluhutan (parluhutan@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com