Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Foto yang diambil pada 17 November 2020, menunjukkan botol bertuliskan Vaccine Covid-19 (Vaksin Covid-19). ( Foto: JOEL SAGET / AFP )

Foto yang diambil pada 17 November 2020, menunjukkan botol bertuliskan Vaccine Covid-19 (Vaksin Covid-19). ( Foto: JOEL SAGET / AFP )

Jepang Setujui Obat Covid Ronapreve

Rabu, 21 Juli 2021 | 07:06 WIB
Happy Amanda Amalia (happy_amanda@investor.co.id)

JENEWA, investor.id – Perusahaan farmasi Roche asal Swiss mengatakan pada Selasa (20/7) bahwa Jepang telah menjadi negara pertama yang menyetujui sepenuhnya pengobatan antibodi Ronapreve untuk pasien Covid-19 dengan gejala ringan hingga sedang.

Persetujuan itu didasarkan pada hasil uji coba fase 3 yang menemukan bahwa kombinasi antibodi secara dramatis mengurangi kemungkinan pasien Covid gejala ringan, atau sedang berkembang menjadi penyakit serius yang menyebabkan rawat inap atau kematian.

“Pengembangan Ronapreve itu – yang dilakukan bekerja sama dengan perusahaan biotek Amerika Serikay (AS), Regeneron – telah disetujui oleh kementerian kesehatan, tenaga kerja dan kesejahteraan Jepang,” demikian disampaikan Roche dalam sebuah pernyataan, sekaligus membenarkan bahwa Jepang merupakan negara pertama yang melakukannya.

“Ronapreve telah terbukti meningkatkan kelangsungan hidup para pasien Covid-19 berisiko tinggi, yang tidak dirawat di rumah sakit, dengan mengurangi risiko rawat inap dan kematian. Kemampuannya untuk mempertahankan aktivitas melawan varian yang muncul, termasuk varian Delta, telah ditunjukkan dalam studi praklinis,” ujar Chief Medical Officer dan Product Development Chief Roche, Levi Garraway dalam sebuah pernyataan, yang dikutip AFP.

Menurut Roche, uji coba fase 3 Ronapreve menunjukkan bahwa pasien berisiko tinggi yang tidak dirawat di rumah sakit dan mendapat obat tersebut mengalami penurunan 70% dalam rawat inap dan kematian.

“Obat tersebut juga mempersingkat periode penyakit simtomatik selama empat hari,” kata Roche, seraya menambahkan bahwa hasil uji coba fase 1 telah menunjukkan keamanan dan tolerabilitas obat di antara penduduk Jepang.

Roche menuturkan, di luar Jepang, kombinasi antibodi telah diizinkan untuk penggunaan darurat atau sementara di masa pandemi di sejumlah negara dan wilayah, termasuk Uni Eropa, Amerika Serikat, India, Swiss, dan Kanada.

Kombinasi itu kini sedang menjalani tinjauan bergulir oleh Badan Obat-obatan Eropa (European Medicines Agency/EMA), yang telah memberikan izin penggunaannya sebagai pilihan pengobatan untuk pasien Covid yang tidak membutuhkan oksigen, tetapi berisiko tinggi mengalami penyakit parah.


 

Editor : Happy Amanda Amalia (happy_amanda@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN