Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Aktor Bollywood Akshay Kumar dinyatakan positif Covid-19 pada 4 April 2021, menyusul semakin luasnya gelombang kasus baru infeksi Covid-19 di India. ( Foto: SUJIT JAISWAL / AFP )

Aktor Bollywood Akshay Kumar dinyatakan positif Covid-19 pada 4 April 2021, menyusul semakin luasnya gelombang kasus baru infeksi Covid-19 di India. ( Foto: SUJIT JAISWAL / AFP )

Kasus Harian Terbesar di India Sejak Awal Pandemi

Selasa, 6 April 2021 | 07:02 WIB
Happy Amanda Amalia (happy_amanda@investor.co.id)

NEW DELHI, investor.id – India, sebagai negara yang paling terpukul karena pandemi virus corona Covid-19, telah meningkatkan aturan pembatasan setelah untuk pertama kalinya sejak awal pandemi jumlah kasus harian menembus angka 100.000.

Harapan bahwa wabah bakal mereda pada awal tahun di negara dengan populasi 1,3 juta penduduk itu pun pupus dalam beberapa pekan terakhir. Ini karena gelombang baru Covid-19 mendorong total nasional menjadi 12,5 juta kasus infeksi dan 165.000 kematian.

Sementara itu, Amerika Serikat (AS) menjadi satu-satunya negara yang masih ruting mencatatkan begitu banyak kasus dalam satu hari. Di Brasil, catatan kasusnya satu kali mencapai angka tiga digit pada Maret.

Menurut laporan, Maharashtra menjadi negara bagian di wilyah India yang paling parah terdampak dan mencatat hampir 60.000 kasus dalam 24 jam terakhir. Padahal negara bagian beribukota Mumbai itu merupakan kota keuangan dan hiburan di India.

Alhasil, otoritas negara berjuang keras pada Minggu (4/4) dengan memperketat jam malam mulai pukul 20.00 sampai 07.00, dan hanya memberikan izin kepada masyarakat untuk keluar rumah atas alasan penting. Daerah berpenduduk 110 juta itu juga akan menjalani karantina di akhir pekan, di mana temat-tempat ibadah dan restoran-restoran ditutup, serta melarang kerumunan dengan jumlah lebih dari empat orang.

Selain itu pada akhir pekan di Mumbai, salah satu aktor Bollywood terbesar, Akshay Kumar tercatat menjadi selebriti terbaru yang dinyatakan positif terjangkit Covid-19. Menurut laporan, syuting film “Ram Setu” yang diperankan Kumar terpaksa dihentikan setelah 45 kru juga dinyatakan positif Covid.

“Berapa lama syuting dihentikan tergantung pada pemulihan kondisi Akshay Kumar. Kami dapat mengganti semua anggota kru kami, tetapi kami tidak dapat menggantikan bintang film tersebut,” ungkao Ashok Dubey dari Federasi Karyawan Film India Barat kepada AFP, Senin (5/4).

Kumar (53 tahun) mengatakan bahwa untuk sementara dirinya menjalani perawatan di rumah sakit sebagai tindak pencegahan sesuai anjuran medis.

Kesadaran

Di sisi lain, pemerintahan Perdana Menteri India Narendra Modi sangat ingin menghindari penerapan aturan karantina atau lockdown nasional yang baru, setelah sempat memberlakukannya pada Maret 2020 dan menimbulkan kerugian luas terhadap masyarakat dan ekonomi.

Pada pertemuan tingkat tinggi yang dipimpin Modi pada Minggu, dia mengumumkan kampanye kesadaran yang dimulai sejak 6-14 April. Kampanye ini menekankan pemakaian masker 100%, menjaga kebersihan pribadi dan sanitasi di tempat umum/tempat kerja, dan fasilitas-fasilitas kesehatan.

Di ibu kota New Delhi, menteri utama telah mengesampingkan aturan karantina meskipun ada lonjakan kasus. Polisi juga menyatakan telah memberikan lebih banyak denda kepada masyarakat yang tidak memakai masker.

“Ketakutan terhadap Covid-19 telah hilang. Kebanyakan orang tidak memakai masker dengan benar, termasuk sebagian besar penumpang saya,” tutur seorang pengemudi bajaj Surjit Singh (68 tahun) kepada AFP.


 

Editor : Happy Amanda Amalia (happy_amanda@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN