Menu
Sign in
@ Contact
Search
Ilustrasi kripto. (Sumber: Antara)

Ilustrasi kripto. (Sumber: Antara)

Kenali Cara Kerja Sistem Pinjaman Kripto CeFi Vs Defi

Senin, 1 Agustus 2022 | 16:47 WIB
Grace El Dora (redaksi@investor.id)

PARIS, investor.id – Sejauh ini kejatuhan di pasar kripto telah terkandung di sudut ekosistem yang sangat spesifik, dikenal sebagai keuangan terpusat (centralized finance/ CeFi) yang berbeda dengan keuangan terdesentralisasi (decentralized finance/ DeFi).

Meskipun desentralisasi ada di sepanjang spektrum dan tidak ada penunjukan biner yang memisahkan CeFi dari platform DeFi, ada beberapa fitur khas yang membantu menempatkan platform ke salah satu dari dua kubu.

Pemberi pinjaman CeFi biasanya mengadopsi pendekatan top down, di mana beberapa suara yang kuat mendikte aliran keuangan dan kerap beroperasi dalam semacam “kotak hitam” di mana peminjam tidak benar-benar tahu bagaimana fungsi platform.

Baca juga: Matinya Easy Money: Pinjaman Kripto Return 20% Berakhir

Sebaliknya, platform DeFi memotong perantara seperti pengacara dan bank, serta mengandalkan kode pelaksanaan.

Sebagian besar masalah dengan pemberi pinjaman kripto CeFi adalah kurangnya jaminan untuk pinjaman backstop. Dalam pengajuan kebangkrutan Celsius, misalnya, itu menunjukkan bahwa perusahaan memiliki lebih dari 100.000 kreditur. Namun beberapa di antaranya meminjam uang tunai platform tanpa menerima hak atas jaminan apa pun untuk mendukung pengaturan.

Tanpa uang tunai nyata di balik pinjaman ini, seluruh pengaturan bergantung pada kepercayaan dan aliran easy money berkelanjutan untuk menjaga semuanya tetap bertahan.

Pada DeFi, peminjam memasukkan lebih dari 100% jaminan untuk mendukung pinjaman. Platform memerlukan ini karena DeFi bersifat anonim. Pemberi pinjaman tidak mengetahui nama peminjam atau nilai kreditnya, juga tidak memiliki metadata dunia nyata lainnya tentang arus kas atau modal mereka yang menjadi dasar keputusan mereka untuk memperpanjang pinjaman. Satu-satunya hal yang penting adalah agunan yang dapat dikirimkan oleh pelanggan.

Dengan DeFi, alih-alih pemain terpusat yang melakukan panggilan, pertukaran uang dikelola oleh bagian kode yang dapat diprogram yang disebut kontrak pintar. Kontrak ini ditulis di blockchain publik, seperti ethereum atau solana, kemudian dijalankan ketika kondisi tertentu terpenuhi sehingga meniadakan kebutuhan akan perantara pusat.

Akibatnya, return tahunan yang diiklankan oleh platform DeFi seperti Aave dan Compound jauh lebih rendah daripada yang pernah ditawarkan Celsius dan Voyager kepada pelanggan. Tarifnya bervariasi berdasarkan kekuatan pasar, daripada tetap pada persentase dua digit yang tidak berkelanjutan.

Token yang terkait dengan protokol peminjaman ini meningkat secara besar-besaran bulan lalu, yang merupakan cerminan dari antusiasme untuk sudut ekosistem kripto ini.

Gross yield (APR/APY) di DeFi berasal dari harga token altcoin relevan yang dikaitkan dengan kumpulan likuiditas yang berbeda, harga yang kita lihat turun lebih dari 70% sejak November,” jelas Teng dari Fundstrat.

Baca juga: Apa Itu KYC di Dunia Kripto dan Manfaatnya, Ini Dia...

Dalam praktiknya, pinjaman DeFi lebih berfungsi seperti produk perdagangan yang canggih daripada pinjaman standar.

“Anda harus cukup maju dan menguasai pasar,” kata Otto Jacobsson, yang sempat bekerja di sebuah bank di London selama tiga tahun sebelum beralih ke kripto.

Michael Moro dari Genesis mengatakan bahwa peminjam mengurangi risiko pihak lawan yang signifikan.

“Tarif yang ditawarkan kepada kreditur akan, dan telah, ditekan. Namun, pinjaman tetap menjadi bisnis yang sangat menguntungkan (kedua setelah perdagangan pertukaran), dan manajer risiko yang bijaksana akan bertahan di musim dingin kripto,” kata Teng.

Faktanya Celsius, meskipun merupakan pemberi pinjaman CeFi, juga mendiversifikasi kepemilikannya di ekosistem DeFi dengan memarkir sebagian uang kriptonya di platform keuangan terdesentralisasi ini sebagai cara untuk mendapatkan imbal hasil.

Beberapa hari sebelum menyatakan kebangkrutan, Celsius mulai membayar kembali banyak hak gadainya dengan pemberi pinjaman DeFi seperti Maker dan Aave, untuk membuka kunci jaminannya.

Editor : Grace El Dora (graceldora@gmail.com)

Sumber : CNBC

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com