Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Orang-orang mengenakan masker pelindung saat berbelanja di sebuah pasar swalayan di Shenyang, provinsi Liaoning, timur laut Tiongkok.  Foto: STR / AFP

Orang-orang mengenakan masker pelindung saat berbelanja di sebuah pasar swalayan di Shenyang, provinsi Liaoning, timur laut Tiongkok. Foto: STR / AFP

Korban Virus Korona Hingga Jumat Pagi Capai 2.247 Jiwa

Gora Kunjana, Jumat, 21 Februari 2020 | 09:04 WIB

JAKARTA, investor.id – Ancaman wabah virus korona masih berlanjut. Hingga Jumat pagi (21/2/2020) sebanyak 2.247 orang telah meninggal akibat wabah coronavirus yang berkode COVID-19 ini.

Saat ini ada 76.722 kasus yang dikonfirmasi di 30 negara dan wilayah. Tingkat kematian di setiap Negara masih dalam penghitungan.

Seperti dilaporkan Bloomberg, rumah sakit di Wuhan, Hubei, Tiongkok kewalahan menangani pasien korona yang terus meningkat jumlahnya. Hal ini mengakibatkan rumah sakit menolak pasien non korona.

Liu Ziao, salah satu pasien yang menunggu operasi di rumah sakit Wuhan untuk mengobati tumor yang menekan tulang belakangnya, tiba-tiba disuruh pergi.

Virus korona telah membuat sistem perawatan kesehatan kota pusat Tiongkok itu dalam krisis, dan semua sumber daya dialihkan untuk menanganinya.

Liu adalah salah satu dari semakin banyak pasien Tiongkok dengan kondisi medis kritis yang tidak terkait dengan korona yang terlalaikan akibat rumah sakit yang fokus menangani korona.

Tabel jumlah total  kematian akibat virus korona hingga Jumat (21/2/2020)
Tabel jumlah total kematian akibat virus korona hingga Jumat (21/2/2020)

Di Hubei, provinsi berpenduduk 60 juta yang merupakan ibukota Wuhan, fasilitas medis masih menghadapi kekurangan dalam menangani lonjakan pasien virus. Hampir semua tenaga medis, peralatan dan sumber daya telah disalurkan untuk memerangi wabah, meninggalkan pasien lain dalam keadaan sulit.

Tabel data kematian harian per Jumat (21/2/2020).
Tabel data kematian harian per Jumat (21/2/2020).

Faktor Pertumbuhan Kematian Harian Novel Coronavirus

Faktor pertumbuhan adalah faktor dimana suatu kuantitas menggandakan dirinya dari waktu ke waktu. Formula yang digunakan adalah kematian baru setiap hari / kematian baru pada hari sebelumnya. Misalnya, jumlah yang tumbuh sebesar 7% setiap periode (dalam hal ini setiap hari) memiliki faktor pertumbuhan 1,07.

Tabel faktor pertumbuhan virus korona
Tabel faktor pertumbuhan virus korona

Faktor pertumbuhan di atas 1 menunjukkan peningkatan, sedangkan yang antara 0 dan 1 itu adalah tanda penurunan, dengan kuantitas akhirnya menjadi nol.

Faktor pertumbuhan di bawah 1 (atau di atas 1 tetapi tren ke bawah) adalah tanda positif, sedangkan faktor pertumbuhan terus-menerus di atas 1 adalah tanda pertumbuhan eksponensial.

 

Sumber : worldometers.info

BAGIKAN