Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Apple (Foto: AFP)

Apple (Foto: AFP)

Market Cap $ 1,84 Triliun, Apple Jadi Perusahaan Paling Berharga di Dunia

Minggu, 2 Agustus 2020 | 07:00 WIB
Listyorini (listyorini205@gmail.com)

Investor.id – Harga saham Apple terus meroket menyusul laporan keuangan yang baik dan rencana stock split agar saham semakin likuid. Pada penutupan Juli, saham Apple kembali naik 10,47% sehingga kapitalisasi pasar (market cap) mencapai US$ 1,84 triliun.

Angka ini membawa Apple menjadi perusahaan paling berharga di dunia, melampaui raksasa minyak negara Saudi Aramco. Sebelumnya, Saudi Aramco adalah jawara perusahaan publik yang paling berharga sejak debut pasarnya tahun lalu di Wall Street dengan kapitalisasi pasar $ 1,76 triliun pada penutupan terakhirnya, Jumat. Kini Aramco disalip oleh Apple.

Pendapatan kuartal ketiga fiskal Apple yang kuat, yang dirilis Kamis, mendorong reli kenaikan sahamnya. Di tengah pandemi, Apple mampu mencatatkan pertumbuhan 11% tahun-ke-tahun. Apple juga mengumumkan pemecahan saham (stock split) 4-untuk-1. Perusahaan telah pulih dari titik terendah pandemi pada bulan Maret. Saham naik lebih dari 44% tahun ini. “Terlepas dari Covid-19 headwinds, Apple menumbuhkan pendapatan di setiap segmen dan geografi,” tulis analis Morgan Stanley dalam sebuah catatan penelitian Jumat waktu setempat.

Stock Split

Raksasa teknologi Apple Inc akan melakukan stock split (pemecahan saham) agar saham Apple lebih terjangkau dan lebih likuid. Ini adalah pemecahan saham Apple yang kelima sejak go public.

Dalam Rapat Dewan Direksi Apple, Kamis waktu setempat, disetujui pemecahan saham empat-untuk-satu. Itu berarti, untuk setiap saham saham Apple yang dimiliki investor, mereka akan menerima tiga saham tambahan.

Ini mengikuti langkah serupa yang dibuat Apple pada tahun 2014, ketika menawarkan pemecahan saham 7-ke-1. Pada saat itu, Apple diperdagangkan di atas $ 600 per saham. Perpecahan membawa saham Apple menjadi sekitar $ 92 per saham.

Pemecahan saham adalah kosmetik dan tidak secara fundamental mengubah apa pun tentang perusahaan, selain memungkinkan membuat saham dapat diakses oleh sejumlah besar investor karena harganya yang lebih murah. Karena saham Apple saat ini diperdagangkan di atas $ 380, itu berarti investor dapat kembali memiliki kesempatan untuk membeli saham Apple sekitar $ 100, tergantung di mana saham diperdagangkan pada akhir Agustus. Saham akan didistribusikan kepada pemegang saham saat penutupan perdagangan pada 24 Agustus, dan perdagangan akan dimulai secara terpisah-disesuaikan pada 31 Agustus.

Editor : Listyorini (listyorini205@gmail.com)

Sumber : CNBC.com

BAGIKAN