Menu
Sign in
@ Contact
Search
Menteri Keuangan Amerika Serikat (AS) Janet Yellen berbicara selama kunjungannya di Pusat Pengembangan Microsoft India di Noida pada 11 November 2022. Yellen mengatakan AS dan India adalah sekutu secara alami. (Foto: Uang SHARMA / AFP)

Menteri Keuangan Amerika Serikat (AS) Janet Yellen berbicara selama kunjungannya di Pusat Pengembangan Microsoft India di Noida pada 11 November 2022. Yellen mengatakan AS dan India adalah sekutu secara alami. (Foto: Uang SHARMA / AFP)

Menkeu AS Janet Yellen: India dan AS adalah Sekutu Alami

Jumat, 11 Nov 2022 | 13:26 WIB
Grace El Dora (redaksi@investor.id)

NOIDA, investor.id – Amerika Serikat (AS) dan India adalah sekutu secara alami yang dapat menunjukkan kepada seluruh dunia bahwa demokrasi dapat mewakilkan warganya, terlepas dari gejolak dan perang, kata Menteri Keuangan (Menkeu) AS Janet Yellen.

Yellen menyampaikan pidato yang menyoroti keinginan pemerintahan Biden untuk memperdalam hubungan ekonomi dengan India. Ia mengatakan bahwa ekonomi global dan ide demokrasi berada pada titik yang menentukan.

Baca juga: Biden Angkat Kekhawatiran tentang Hubungan Xi dengan Putin Jelang KTT G20 Bali

Pernyataannya di fasilitas penelitian Microsoft di dekat New Delhi disampaikan ketika kendali Kongres AS masih belum diputuskan, usai pemilihan tengah semester pada Selasa (8/11).

Advertisement

“AS dan India adalah ‘sekutu alami’, dalam kata-kata seorang mantan perdana menteri India,” papar Yellen, Jumat (11/11). Ia menambahkan bahwa kedua negara mengobarkan perjuangan serupa untuk kemerdekaan demi mencapai kebebasan dan martabat.

“Orang-orang di seluruh dunia melihat ke arah kita dan bertanya: dapatkah demokrasi memenuhi kebutuhan ekonomi warganya? Bisakah mereka melawan pengganggu dan bekerja sama dalam masalah global yang paling sulit diselesaikan?” ujarnya.

Sebagai dua negara demokrasi terbesar, India dan Amerika Serikat dapat menjawab skeptis dengan mengambil tindakan selama tahun mendatang. “(Dan di luar itu dapat) menunjukkan kapasitas demokrasi kita untuk memberikan kepada rakyat kita. Saya yakin bahwa kita akan berhasil,” tegasnya.

Di antara tindakan yang diambil kedua negara, ada tujuan untuk kepemimpinan India di Kelompok 20 ekonomi utama (G20) tahun depan. Kepresidenan itu harus fokus pada prioritas bersama negara-negara untuk meningkatkan investasi demi memerangi perubahan iklim, memecahkan kebuntuan dalam restrukturisasi utang bagi negara-negara miskin, serta meningkatkan akses ke digital ekonomi.

Baca juga: Inflasi AS Tertinggi dalam 40 Tahun, Yellen Salahkan Rusia

“Tahun (presidensi) G20 India adalah kesempatan untuk mempercepat koordinasi global dalam restrukturisasi utang,” kata Yellen.

Dia juga mengatakan bahwa mengakhiri perang di Ukraina adalah keharusan moral. Tetapi tantangan ekonomi dari konflik dan ketegangan rantai pasokan membuat India dan AS semakin dekat.

Pemerintah Amerika Serikat, menurut Yellen, akan bekerja untuk memperkuat peran “menopang teman” India sebagai pemasok tepercaya dan andal.

Editor : Grace El Dora (graceldora@gmail.com)

Sumber : REUTERS

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com