Menu
Sign in
@ Contact
Search
Logo pembuat chip memori asal Amerika Serikat MicronTechnology terlihat di stan pameran industri Frankfurt, Jerman pada 14 Juli 2015. (Foto: REUTERS/Kai Pfaffenbach/File Photo)

Logo pembuat chip memori asal Amerika Serikat MicronTechnology terlihat di stan pameran industri Frankfurt, Jerman pada 14 Juli 2015. (Foto: REUTERS/Kai Pfaffenbach/File Photo)

Micron Luncurkan Pabrik Semikonduktor US$ 100 Miliar di New York

Rabu, 5 Oktober 2022 | 11:20 WIB
Grace El Dora (redaksi@investor.id)

NEW YORK, investor.id – Micron mengumumkan akan investasi hingga US$ 100 miliar untuk membangun semikonduktor di negara bagian New York, Amerika Serikat (AS). Perusahaan teknologi itu memanfaatkan kebijakan pemerintah untuk meningkatkan manufaktur barang-barang utama di dalam negeri.

Raksasa chip, yang berbasis di negara bagian barat Idaho, AS itu mengatakan pihaknya berencana memulai konstruksi pada 2024 pada sebuah proyek yang diharapkan akan dieksekusi selama dua dekade.

Baca juga: AS akan Perluas Pembatasan Pengiriman Semikonduktor ke Tiongkok

Otoritas negara bagian New York memberikan insentif negara bagian senilai US$ 5,5 miliar selama masa pembangunan. Proyek tersebut juga mengharapkan untuk memanfaatkan kredit pajak di bawah Chips Act yang ditandatangani menjadi undang-undang oleh Presiden AS Joe Biden pada Agustus 2022, kata rilis berita Micron.

Pada sebuah acara di Syracuse untuk mengumumkan investasi tersebut, Gubernur New York Kathy Hochul menyamakan dorongan tersebut dengan revolusi industri keempat. Ia menyinggung soal peningkatan keberuntungan untuk wilayah bagian utara New York, yang telah kehilangan ribuan pekerjaan manufaktur pada dekade-dekade sebelumnya.

“(Ada) harapan hari esok yang lebih baik,” kata Hochul, Rabu (5/10).

Micron menggambarkan pabrik itu sebagai fasilitas fabrikasi semikonduktor terbesar dalam sejarah AS. Pihaknya mengatakan usaha itu akan menciptakan 50.000 pekerjaan di negara bagian tersebut, termasuk 9.000 di Micron.

Baca juga: Kekurangan Semikonduktor Mengguncang Ekonomi Global

Biden menggembar-gemborkan investasi tersebut sebagai cerminan pentingnya Chips and Science Act, yang mencakup dana bantuan sekitar US$ 52 miliar untuk mempromosikan produksi microchip. Komponen itu kecil, namun kuat dan relatif sulit dibuat di jantung hampir setiap bagian mesin modern.

“Kepada mereka yang meragukan bahwa Amerika dapat mendominasi industri masa depan, saya katakan ini. Anda tidak boleh bertaruh melawan rakyat Amerika. Hari ini adalah kemenangan lain bagi Amerika,” kata Biden dalam rilis berita.

Kekurangan semikonduktor telah menjadi tantangan ekonomi global selama pandemi karena menghambat produksi mobil, elektronik pribadi, dan barang-barang lainnya.

Baca juga: Biden Dorong Investasi di Semikonduktor

CEO Micron Sanya Mehrota mengatakan investasi itu akan memberikan manfaat di luar industri semikonduktor. “Dengan memperkuat kepemimpinan teknologi AS serta keamanan ekonomi dan nasional, mendorong inovasi dan daya saing Amerika selama beberapa dekade mendatang,” tuturnya.

Editor : Grace El Dora (graceldora@gmail.com)

Sumber : AFP

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com