Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Logo Microsoft terlihat di luar gedung Microsoft Technology Center dekat Times Square, New York City.  ( Foto: DREW ANGERER / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / AFP )

Logo Microsoft terlihat di luar gedung Microsoft Technology Center dekat Times Square, New York City. ( Foto: DREW ANGERER / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / AFP )

Microsoft Ramaikan Persaingan di 5G

Selasa, 29 September 2020 | 07:08 WIB
Iwan Subarkah Nurdiawan (subarkah_nurdiawan@investor.co.id)

SEATTLE, investor.id – Microsoft Corp meramaikan persaingan di jaringan telekomunikasi 5G. Raksasa peranti lunak asal Amerika Serikat (AS) ini pada Senin (28/9) mengumumkan platform cloud baru yang akan membantu para operator telekomunikasi dapat membangun jaringan 5G secara lebih cepat. Selain dapat mengurangi biaya dan dapat menjual jasanya sesuai kebutuhan para klien bisnis.

Setelah melarang perangkat milik Huawei milik Tiongkok di jaringan telekomunikasi AS, Pemerintah AS mendorong perusahaan-perusahaan besar AS seperti Microsoft untuk terlibat dalam penyediaan 5G. Teknologi baru ini menjanjikan banyak layanan, dari mobil tanpa sopir, bedah jarak jauh, hingga proses manufaktur secara otomatis.

Microsoft akan menyediakan layanannya via platform Azure, yang sekarang menjadi bisnis andalannya di pasar komputasi awan (cloud computing). Microsoft sesumbar Azure akan dapat mengurangi biaya infrastruktur, fleksibilitas untuk menambah layanan sesuai permintaan, dan pemanfaatan kecerdasan buatan untuk otomasi berbagai operasional perusahaan.

Yousef Khalidi, wakil presiden korporasi Azure Networking, mengatakan kepada Reuters bahwa layanannya dalam beberapa kasus dapat mengurangi biaya hingga 30%-40%. Microsoft masuk ke pasar 5G setelah mengakuisisi perusahaan jaringan cloud Affirmed Networks dan Metaswitch pada tahun ini.

“DNA telko kami dapatkan lewat akuisisi-akuisisi tersebut dan kami berkembang dari memiliki sedikit insinyur menjadi ratusan insinyur. Tapi fondasinya sudah kami siapkan bertahun-tahun,” ujar Khalidi. 

Editor : Happy Amanda Amalia (happy_amanda@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN