Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Orang-orang memakai masker saat berjalan-jalan melewati melewati dekorasi Natal yang terpasang di area Lapangan Merah, di pusat kota Moskow, Rusia, pada 27 November 2020. ( Foto: Alexander Nemenov / AFP )

Orang-orang memakai masker saat berjalan-jalan melewati melewati dekorasi Natal yang terpasang di area Lapangan Merah, di pusat kota Moskow, Rusia, pada 27 November 2020. ( Foto: Alexander Nemenov / AFP )

Militer Rusia Mulai Kampanye Vaksinasi Covid-19 Massal

Sabtu, 28 November 2020 | 07:34 WIB
Iwan Subarkah Nurdiawan (subarkah_nurdiawan@investor.co.id)

MOSKOW, investor.id – Militer Rusia mulai menjalankan kampanye vaksinasi virus corona Covid-19 secara massal. Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shoigu mengumumkan pada Jumat (27/11), target militer adalah memvaksinasi lebih dari 400.000 personel angkatan bersenjata.

Saat ini, tambah dia, sudah lebih dari 2.500 tentara yang divaksinasi. Pada akhir tahun nanti, jumlahnya diharapkan bertambah menjadi 80.000.

Rusia pekan ini menyatakan bahwa vaksin Covid-19-nya yang diberi nama Sputnik V memiliki efektivitas 95% dalam menangkal infeksi Covid-19. Tingkat efektivitas itu hampir sama dengan kandidat-kandidat vaksin dari para produsen lain, yang sudah mengumumkan hasil uji klinis tahap finalnya.

Tim pengembang Sputnik V mengklaim vaksin ini lebih mudah untuk disimpan. Dan harganya kurang dari US$ 10 per dosis. Atau yang termurah dibandingkan kandidat-kandidat vaksin yang sekarang sedang menunggu persetujuan penggunaan darurat dari regulator terkait.

Vaksin Sputnik V sudah didaftarkan oleh Rusia pada Agustus 2020. Saat ini sedang menjalani uji klinis tahap tiga dan akhir. Yang melibatkan lebih dari 40.000 relawan.

“Lebih dari 400.000 personel angkatan bersenjata Rusia akan divaksinasi Covid-19, sesuai perintah dari Presiden Vladimir Putin,” ujar Shoigu, seperti dikutip AFP.

Ia tidak menjelaskan apakah vaksinasi itu sifatnya sukarela. Karena kebanyakan dari mereka masuk ke angkatan bersenjata lewat program wajib militer.

Shoigu menambahkan bahwa sekitar 500 personel yang sudah divaksin dengan tingkat antibodi tinggi sekarang terlibat dalam riset perlakuan plasma. Yang diklaim sudah terbukti efektif dalam beberapa kasus infeksi berat Covid-19.

Kementerian Pertahanan Rusia terlibat dalam tahapan awal pengembangan Sputnik V. Dan para personelnya termasuk dalam kelompok pertama relawan yang menerima suntikan pada uji klinis awal.

Shoigu (65 tahun) termasuk di antara perwira tinggi militer Rusia yang sudah menerima vaksinasi tersebut. Sejak awal pandemi ini muncul di seluruh dunia, lebih dari 4.100 personel militer Rusia positif Covid-19.


 

Editor : Happy Amanda Amalia (happy_amanda@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN