Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
CEO Moderna Stephane Bancel saat wawancara lewat video dengan AFP pada 17 November 2020. ( Foto: IVAN COURONNE / AFP )

CEO Moderna Stephane Bancel saat wawancara lewat video dengan AFP pada 17 November 2020. ( Foto: IVAN COURONNE / AFP )

Moderna Upayakan Persetujuan Vaksin untuk Remaja

Selasa, 8 Juni 2021 | 06:21 WIB
Happy Amanda Amalia (happy_amanda@investor.co.id)

WASHINGTON, investor.id – Perusahaan biotek Amerika Serikat (AS) Moderna menyatakan sedang mengusahakan persetujuan bersyarat untuk penggunaan vaksin Covid-19 pada remaja di kawasan Uni Eropa (UE) dan Kanada.

Modena juga menyampaikan rencananya untuk mengajukan persetujuan darurat ke Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (Food and Drug Administration/FDA). Menyusul vaksin Covid-19 buatan Pfizer-BioNTech yang sudah diberikan kepada remaja berusia 12 tahun ke atas.

“Kami dengan senang hati mengumumkan, bahwa kami telah mengajukan persetujuan pemasaran bersyarat dari vaksin Covid-19 kami kepada European Medicines Agency (EMA) untuk digunakan pada remaja di Uni Eropa. Kami terdorong bahwa vaksin Moderna sangat efektif mencegah infeksi Covid-19 dan SARS-CoV-2 di kalangan remaja. Kami pun sudah mengajukan otorisasi ke Health Canada, serta akan mengajukan Otorisasi Penggunaan Darurat ke FDA AS dan badan pengatur di seluruh dunia untuk populasi usia muda yang penting ini,” demikian penjelasan CEO Moderna Stephane Bancel, yang dikutip AFP pada Senin (7/6).

Sebagai informasi, kelompok remaja dipandang jauh lebih rentan tertular Covid dibandingkan kelompok usia yang lebih tua. Dan alasan utama untuk memvaksinasi mereka adalah bertujuan menurunkan angka kasus penularan.

Tetapi kasus Covid berat yang sangat jarang masih dapat terjadi, seperti halnya komplikasi pasca-virus yang disebut sindrom inflamasi multisistem.

Aturan penggunaan vaksin buatan Moderna, adalah diberikan sebanyak dua dosis di mana tingkat efektivitasnya mencapai 90% melawan gejala Covid-19 dan 95% efektif melawan penyakit parah yang ditimbulkan virus corona.

“Vaksin itu secara umum ditoleransi dengan baik di kalangan remaja. Tidak ada masalah keamanan yang signifikan yang diidentifikasi hingga saat ini,” demikian menurut pernyataan perusahaan.

Bulan lalu, American Academy of Pediatrics menyebut otorisasi vaksin Covid-19 buatan Pfizer untuk remaja sebagai alat penting bagi kebanyakan sekolah yang segera melaksananan kegiatan belajar mengajar tatap muka pada musim gugur ini.

Moderna disebut telah meminta persetujuan penuh untuk vaksin buatannya untuk digunakan di kalangan orang dewasa di Amerika Serikat, bersaman dengan vaksin Pfizer-BioNTech.


 

Editor : Happy Amanda Amalia (happy_amanda@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN