Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Mobil Tesla sedang dipamerkan di showroom di Aventura Mall pada 19 Maret 2021 di Miami, Florida. ( Foto: JOE RAEDLE / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / Getty Images via AFP )

Mobil Tesla sedang dipamerkan di showroom di Aventura Mall pada 19 Maret 2021 di Miami, Florida. ( Foto: JOE RAEDLE / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / Getty Images via AFP )

Musk Berharap Lansir Mobil Listrik Pertamanya di Jerman pada Oktober 2021

Sabtu, 14 Agustus 2021 | 15:13 WIB
Fajar Widhiyanto

Jakarta - Produsen mobil listrik berbasis di Amerika Serikat, Tesla, memproyeksikan bisa memproduksi unit mobil listrik pertamanya di "gigafactory" di Gruenheide, dekat Berlin, pada bulan Oktober 2021 atau segera setelahnya.

Disampaikan CEO Tesla, Elon Musk seperti dilansir Reuters, Jumat (13/8), Tesla telah mendorong kembali upaya pembukaan gigafactory yang diharapkan bisa dilaksanakan pada akhir tahun 2021 ini. Ia pun menyebut adanya kendala birokrasi pemerintah Jerman yang membuat pembukaan pabrik bisa saja molor. Pabrik tersebut juga menghadapi penolakan masyarakat setempat akibat seputar isu lingkungan.

“Kami berharap untuk mendapatkan persetujuan untuk membuat mobil pertama, mungkin pada bulan Oktober jika kami beruntung,” kata Musk dalam kunjungan ke pabrik bersama Armin Laschet, bakal kandidat pengganti Angela Merkel sebagai kanselir, dari kubu konservatif Jerman.

Namun demikian otoritas lingkungan di Brandenburg belum memberikan persetujuan akhir, yang bisa diartikan masih ada potensi penundaan yang tidak dapat dikesampingkan, bahkan hingga tahun 2022.

Armin Laschet, yang peringkatnya telah turun menjelang pemilihan federal 26 September mendatang mengatakan bahwa Jerman perlu memotong birokrasi. Peringkat atau rating Armin Laschet anjlok di mata publik setelah ia terlihat tertawa pada kunjungannya ke kota yang dilanda banjir besar beberapa waktu lalu.

“Terkadang seseorang memiliki kesan bahwa menciptakan sesuatu yang baru secara teknologi lebih mudah daripada membongkar birokrasi di Jerman,” ujarnya kepada wartawan, dengan didampingi Elon Musk.

Ketika ditanya perihal bantuan apa yang bisa ia berikan untuk memberikan energi pada pencalonan Laschet, Musk menjawab, “Kami sedang menambahkan energi sekarang. Pabrik ini semuanya tentang energi, energi hijau yang berkelanjutan.”

Editor : Fajar Widhi (fajar_widhi@investor.co.id)

Sumber : Majalah Investor

BAGIKAN