Menu
Sign in
@ Contact
Search
Seseorang yang memakai masker pelindung mengendarai sepeda di depan papan saham elektronik yang menunjukkan indeks Nikkei 225 di sebuah perusahaan sekuritas pada 31 Agustus 2022 di Tokyo, Jepang. (FOTO: AP/Eugene Hoshiko)

Seseorang yang memakai masker pelindung mengendarai sepeda di depan papan saham elektronik yang menunjukkan indeks Nikkei 225 di sebuah perusahaan sekuritas pada 31 Agustus 2022 di Tokyo, Jepang. (FOTO: AP/Eugene Hoshiko)

Pasar Asia Pasifik Mixed, Oktober Bisa Awali Bull Baru

Kamis, 6 Oktober 2022 | 07:48 WIB
Grace El Dora (redaksi@investor.id)

SINGAPURA, investor.id – Saham di Asia Pasifik dibuka mixed pada perdagangan Kamis (6/10) setelah reli dua hari Wall Street tergelincir dan jatuh. Oktober mungkin masih menjadi awal dari reli pasar bull baru, menurut ekonom.

Nikkei 225 Jepang naik 0,25%, sedangkan Topix bertambah 0,32%. Kospi di Korea Selatan naik 0,55% dan Kosdaq 0,86% lebih tinggi.

Di Australia, S&P/ ASX 200 turun 0,24%. Indeks MSCI dari saham Asia Pasifik naik 0,15% lebih tinggi.

Pasar Tiongkok daratan ditutup untuk liburan minggu ini.

Saham Amerika Serikat (AS) tergelincir semalam setelah melihat kenaikan tajam untuk dua sesi sebelumnya. Dow Jones Industrial Average turun 42,45 poin, atau 0,14%, menjadi 30.273,87 setelah jatuh hampir 430 poin pada hari sebelumnya. S&P 500 turun 0,2% menjadi ditutup pada 3.783,28, dan Nasdaq Composite turun 0,25% menjadi 11.148,64.

“Optimisme yang mendukung pasar keuangan awal pekan ini surut karena data AS terus mengartikulasikan perlunya tindakan kebijakan bank sentral lebih lanjut,” menurut catatan ANZ Research, Kamis.

Indeks layanan ISM September 2022 dan laporan penggajian swasta oleh ADP keduanya mengalahkan perkiraan semalam. Investor akan menantikan laporan nonfarm payrolls dari Biro Statistik Tenaga Kerja di akhir pekan.

Oktober Bisa Jadi Awal Reli Pasar

Meskipun saham ditarik kembali pada Rabu (5/10), menghentikan kenaikan dua hari berturut-turut, Oktober mungkin masih menjadi awal dari reli pasar bull baru menurut kepala strategi pasar di Carson Group Ryan Detrick.

“Kami pikir ini bisa menjadi awal dari reli akhir tahun yang cukup besar,” kata Detrick, dilansir dari CNBC.

Itu karena, secara tradisional, kinerja saham membaik pada Oktober 2022 di tahun-tahun pemilu tengah semester kata Detrick.

Dia juga mencatat bahwa meskipun pasar mengakhiri hari lebih rendah, saham membukukan reli besar di sore hari yang mencatat kembali banyak penurunan. Itu positif, menurut Detrick.

Hari-Hari Awal Pertarungan Inflasi

Presiden Federal Reserve (Fed) Atlanta Raphael Bostic berbicara keras tentang inflasi dalam pidatonya. Ia mengatakan bank sentral masih memiliki banyak pekerjaan yang harus dilakukan sebelum dapat menyatakan kemenangan.

“Kita harus tetap waspada karena pertempuran inflasi ini kemungkinan masih di hari-hari awal, jika proyeksi rekan-rekan (Komite Pasar Terbuka Federal atau FOMC) saya benar,” kata Bostic dalam pidatonya di Institut Penelitian Kebijakan Universitas Northwestern.

Bostic menambahkan bahwa kemungkinan akan perlu waktu untuk mengembalikan inflasi ke target 2% Fed. “(Karena) kita masih berada di hutan inflasi, bukan di luarnya,” imbuhnya.

Secara perspektif suku bunga, Bostic mengatakan dirinya membayangkan pungutan benchmark Fed naik menjadi 4%-4,5% sebelum regulator dapat mengambil langkah mundur untuk mengevaluasi perkembangan sampai saat ini.

Suku fed funds rate (FFR) saat ini berada di kisaran 3% -3,25%. Proyeksi FOMC yang dirilis pada September 2022 memperkirakan tingkatannya naik menjadi 4,6% pada 2023, menempatkan Bostic sedikit ke sisi komite yang dovish.

Namun ia mengatakan kepada siapa pun yang mengharapkan Fed untuk menurunkan suku bunga tahun depan, “Tidak terlalu cepat”.

Bostic bukan anggota voting FOMC baik tahun ini maupun tahun depan, meskipun ia bisa menyuarakan sikap kebijakannya selama pertemuan.

Editor : Grace El Dora (graceldora@gmail.com)

Sumber : CNBC

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com