Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Email

Password

×

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
AS-Tiongkok. Foto ilustrasi: IST

AS-Tiongkok. Foto ilustrasi: IST

Pasar Yakin AS-Tiongkok Capai Kesepakatan Dagang

Iwan Subarkah, Senin, 13 Mei 2019 | 13:53 WIB

NEW YORK – Perundingan dagang Amerika Serikat (AS) dan Tiongkok akhir pekan lalu berakhir tanpa kesepakatan, tapi tidak sampai menemui kegagalan. Tarik ulur terus terjadi dan kedua pihak berjanji akan melanjutkan pembicaraan. Para investor meyakini kesepakatan itu pada akhirnya akan datang dan juga memperkirakan Presiden AS Donald Trump akan bertindak jika pasar saham bergerak menuju kejatuhan.

Demikian benang merah pendapat kalangan analis usai pertemuan AS-Tiongkok di Washington yang berakhir Jumat (10/5). Pasar saham global menepis tarif baru yang dijatuhkan AS mulai Jumat, yakni penaikan dari 10% menjadi 25% atas 5.700 produk impor Tiongkok senilai US$ 200 miliar.

Para investor tetap yakin bahwa kesepakatan itu bakal tercapai. Mereka juga gembira dengan komentar optimistis Trump usai pertemuan tersebut. Lebih dari itu, mereka meyakini bahwa baik Trump maupun Presiden Tiongkok Xi Jinping sama-sama membutuhkan adanya kesepakatan ini.

Dengan dasar kedua pihak sudah menjatuhkan tarif atas US$ 360 miliar barang impor masing-masing. Jika perang dagang ini kembali bereskalasi, perekonomian kedua negara bakal terdampak. Pertumbuhannya bakal terpangkas. Lalu pada akhirnya akan menurunkan pertumbuhan ekonomi global.

Optimisme para pelaku pasar atas bakal tercapainya kesepakatan membuat indeks Dow Jones ditutup naik 0,4% di akhir perdagangan pekan lalu. Padahal di awal sesi sempat anjlok lebih dari 350 poin.

Baca selengkapnya di https://subscribe.investor.id/

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN