Menu
Sign in
@ Contact
Search
Ilustrasi aplikasi PayPal terlihat di sebuah ponsel pintar. (FOTO: REUTERS/Dado Ruvic/Illustration)

Ilustrasi aplikasi PayPal terlihat di sebuah ponsel pintar. (FOTO: REUTERS/Dado Ruvic/Illustration)

PayPal: Mendaftar di Indonesia, Akses Tidak diblokir

Rabu, 3 Agustus 2022 | 16:09 WIB
Grace El Dora (redaksi@investor.id)

JAKARTA, investor.id – Perusahaan pembayaran Amerika Serikat (AS) PayPal telah terdaftar sebagai operator sistem elektronik di Indonesia dan pelanggannya sekarang dapat mengakses layanannya, kata perusahaan itu pada Rabu (3/8).

PayPal adalah salah satu dari beberapa situs web yang diblokir pemerintah pada akhir pekan lalu, karena kegagalan mereka untuk mematuhi aturan lisensi baru.

Baca juga: Kemenkominfo Cabut Blokir Paypal dkk

Perusahaan diberi batas waktu hingga Juli 2022 untuk mendaftar di bawah aturan baru. Aturan ini akan memungkinkan pihak berwenang untuk memaksa platform asing untuk mengungkapkan data pengguna tertentu dan menghapus konten yang dianggap melanggar hukum atau yang dianggap mengganggu ketertiban umum, dalam waktu empat jam jika mendesak dan 24 jam jika tidak mendesak.

Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate mendesak masyarakat untuk menghindari penggunaan layanan tidak terdaftar.

“Untuk meminimalkan kerugian yang mungkin timbul, jika ... tindakan ilegal terjadi di layanan swasta tersebut,” katanya, Rabu.

Kementerian Komunikasi mengatakan bahwa pihaknya juga membuka blokir akses ke layanan mesin pencari Yahoo dan perusahaan video game Valve Corporation, termasuk Steam dan Dota 2, pada Selasa (2/8) setelah mengatakan pihaknya telah memblokir perusahaan tersebut pada Sabtu (30/7).

Aturan perizinan yang baru telah menimbulkan kontroversi karena para aktivis dan publik takut pemerintah dapat mengawasi konten media sosial.

Baca juga: Rusia Denda WhatsApp dan Snapchat atas Pelanggaran Penyimpanan Data

Meskipun aturan lisensi pertama kali diperkenalkan pada 2020, perusahaan seperti Meta Platforms Inc. dan unitnya yang meliputi Instagram dan WhatsApp, serta Google Alphabet Inc. Mendaftar hanya beberapa jam atau beberapa hari sebelum batas waktu pada akhir Juli 2022. Spotify, Netflix, dan TikTok ByteDance juga telah mendaftar.

Dengan populasi muda yang paham teknologi sebanyak 270 juta, Indonesia adalah pasar 10 besar dalam hal jumlah pengguna untuk sejumlah perusahaan media sosial.

Editor : Grace El Dora (graceldora@gmail.com)

Sumber : REUTERS

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com