Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Gubernur The Federal Reserve (The Fed) Jerome Powell saat berbicara dalam konferensi pers pada 3 Maret 2020, setelah pengumuman mengejutkan bahwa The Fed akan memangkas tingkat suku bunga. ( Foto: ERIC BARADAT / AFP )

Gubernur The Federal Reserve (The Fed) Jerome Powell saat berbicara dalam konferensi pers pada 3 Maret 2020, setelah pengumuman mengejutkan bahwa The Fed akan memangkas tingkat suku bunga. ( Foto: ERIC BARADAT / AFP )

Pemulihan Ekonomi AS Bergantung Penanggulangan Covid-19

Happy Amanda Amalia, Rabu, 1 Juli 2020 | 06:47 WIB

WASHINGTON, investor.id – Gubernur The Federal Reserve (The Fed) Jerome Powell mengatakan pada Senin (29/6) waktu setempat bahwa ekonomi Amerika Serikat (AS) mulai pulih lebih awal dari yang diharapkan. Tetapi pemulihan itu akan tergantung pada penanggulangan virus corona Covid-19, dan upaya pemerintah untuk memberikan dukungan.

Komentar tersebut disampaikan selang beberapa hari setelah beberapa negara di bagian selatan dan barat AS, termasuk Texas dan Florida, dipaksa memberlakukan pembatasan kembali setelah ada lonjakan kasus Covid-19. Menurut Powell, upaya-upaya untuk membuka kembali tempat-tempat usaha menyebabkan peningkatan belanja dan perekrutan pada Mei.

Pada kuartal April-Juni, Pemerintah AS kemungkinan akan menyaksikan penurunan terbesar dalam catatan produk domestik bruto (PDB) menyusul penutupan tempat-tempat usaha di seluruh negeri oleh pihak berwenang.

“Kami telah memasuki fase baru yang penting dan telah melakukannya lebih cepat dari yang diharapkan,” tutur Powell dalam pernyataan yang disiapkan saat menghadiri Sidang Komite Jasa Keuangan Dewan Perwakilan, pada Selasa (30/6) waktu setempat.

Walau pemulihan tersebut mendapat sambutan baik, tetapi Powell mengingatkan bahwa menjaga supaya penyebaran virus corona tetap terkendali masih menjadi tantangan.

“Jalan ke depan menuju perekonomian sangat tidak pasti dan akan sangat tergantung pada keberhasilan kita dalam mengendalikan virus. Pemulihan penuh tidak mungkin sampai orang yakin bahwa aman untuk terlibat kembali dalam berbagai kegiatan,” katanya.

Sebagai informasi gubernur The Fed akan hadir dalam rapat dengan Menteri Keuangan (Menkeu) AS Steven Mnuchin untuk membahas UU CARES yang telah disetujui pada akhir Maret, dengan tujuan memberikan pinjaman besar, dan membantu para pelaku usaha dan keluarga.

“Program-program – yang mencakup sejumlah upaya peminjaman dan pembelian obligasi oleh bank sentral – tetap penting,” tambah Powell.

Dia kembali menyoroti lagi, bahwa dampak kemerosotan ekonomi belum terbagi secara merata. Kekacauan pada rumah tangga berpenghasilan rendah serta warga Amerika keturunan Afrika dan Hispanik "telah menimbulkan rasa sakit dengan tingkat yang sulit diungkap kata-kata.

“Jalan ke depan juga akan tergantung pada tindakan kebijakan yang diambil di semua tingkat pemerintahan untuk memberikan bantuan, dan untuk mendukung pemulihan selama diperlukan,” kata Powell. (afp)

 

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN