Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Seniman patung asal India, Sudarsan Pattnaik sedang  memberikan sentuhan akhir saat membuat patung pasir yang menggambarkan orang-orang mengenakan masker pelindung disertai pesan bertuliskan

Seniman patung asal India, Sudarsan Pattnaik sedang memberikan sentuhan akhir saat membuat patung pasir yang menggambarkan orang-orang mengenakan masker pelindung disertai pesan bertuliskan "Berjuang melawan virus korona, Kami bersama Tiongkok" di Pantai Puri, India. (Foto: AFP )

Perkembangan Terkini Virus Korona di Dunia

Iwan Subarkah Nurdiawan, Jumat, 14 Februari 2020 | 08:06 WIB

Setelah jumlah korban tewas di Tiongkok akibat virus korona COVID-19 menembus 1.360 orang, pejabat tinggi partai di provinsi Hubei dan Wuhan diberhentikan. Kota tersebut menjadi episentrum penyebaran COVID-19 ke seluruh dunia, sejak muncul pada Desember 2019.

Sejumlah perkembangan terkini mengenai penyebaran virus ini mengemuka pada Kamis (13/2):

- Korban Jiwa Tembus 1.360 -

Tiongkok melaporkan 242 kematian baru dan 14.840 infeksi baru di Hubei. Ini adalah kenaikan harian yang paling besar sejak krisis ini muncul.

Lonjakan terjadi setelah pihak berwenang memperluas definisi infeksi, menjadi termasuk orang yang secara klinis terdiagnosis lewat pencitraan paru-paru.

Hingga naskah ini diturunkan, korban jiwa menjadi lebih dari 1.360 orang dan infeksi hampir 60.000 orang.

- Petinggi Partai Diberhentikan -

Pihak berwenang memecat pimpinan partai di Hubei dan Wuhan. Mereka menjadi pejabat tertinggi yang diberhentikan terkait penanggulangan penyebaran virus ini.

Seorang pejabat Palang Merah di Wuhan juga dipecat karena melalaikan tugas. Sejumlah pejabat kesehatan di sejumlah kota juga diberhentikan.

- Karantina Massal di Vietnam -

Vietnam menjadi negara pertama di luar Tiongkok yang menerapkan karantina pasar. Lebih dari 10.000 orang dikarantina di enam desa dekat ibukota Hanoi, selama 20 hari ke depan.

Pos-pos pemeriksaan didirikan di desa-desa di sekeliling Son Loi, setelah Kementerian Kesehatan melaporkan enam infeksi di sana.

- Kasus di Kapal Pesiar Jepang Melonjak -

Sebanyak 44 orang lagi di atas kapal pesiar Diamond Princess yang sandar di lepas pantai Jepang positif terinfeksi. Sehingga jumlah keseluruhan yang terinfeksi COVID-19 menjadi 218 orang.

Ribuan orang di kapal pesiar tersebut dikarantina hingga 19 Februari 2020. Menteri Kesehatan Katsunobu Kato mengatakan, sejumlah penumpang usia lanjut akan diizinkan turun dari kapal jika hasil tesnya negatif.

- Kapal AS Akhirnya Diizinkan Sandar -

Kapal pesiar AS Westerdam akhirnya diberi izin untuk lepas jangkar di Kamboja, setelah ditolak di beberapa pelabuhan di Asia, karena kekhawatiran ada seorang penumpangnya terinfeksi.

Kapal ini dijadwalkan sandar Jumat (14/2) pagi di Sihanoukville. Para penumpangnya akan langsung dipindahkan ke bandara untuk terbang ke Phnom Penh dan lainnya.

- Pameran Akbar Mobile Dibatalkan -

Pameran dagang telepon seluler terbesar dunia dan tahunan, Mobile World Congress (MWC) di Barcelona, Spanyol tahun ini dibatalkan karena khawatir akan virus korona dan sejumlah pesertanya yang juga para raksasa teknologi memutuskan mundur.

Acaranya sedianya berlangsung pada 24-27 Februari 2020. Asosiasi niaga mobile dunia GSMA menyatakan, kekhawatiran terhadap penyebaran virus tersebut, terkait perjalanan udara, dan hal lain membuat acara tersebut tidak mungkin tetap digelar.

- Rugby Sevens Ditangguhkan-

Pertandingan Rugby Sevens Hong Kong dan Singapura ditangguhkan dari April menjadi Oktober 2020. Acara ini menjadi gelaran olahraga kesekian yang menjadi korban virus korona baru.

Sehari sebelumnya, panitia membatalkan ajang balap mobil Formula 1 Chinese Grand Prix di Shanghai, Tiongkok. Yang sedianya digelar pada 19 April 2020.

Panitia terkait juga mencari tempat alternatif untuk SportsAccord World Sports dan Business Summit 2020, yang sedianya dilangsungkan di Beijing pada April 2020.

- Pasar Minyak Terpukul -

Badan Energi Internasional atau IEA mengingatkan, permintaan minyak global akan mengalami permintaan kuartal pertama dalam 10 tahun terakhir. Karena dampak COVID-19 terhadap ekonomi Tiongkok dan seluruh dunia.

Permintaan sepanjang triwulan pertama 2020 diprediksi menyusut 435 barel dibandingkan tahun sebelumnya. Sepuluh tahun lalu, penurunan permintaan disebabkan krisis finansial global. (afp/sn)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN

REKOMENDASI UNTUK ANDA