Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Presiden Prancis Emmanuel Macron. ( Foto: SARAH MEYSSONNIER / POOL / AFP )

Presiden Prancis Emmanuel Macron. ( Foto: SARAH MEYSSONNIER / POOL / AFP )

Perselisihan Kapal Selam Berakhir

Senin, 18 Oktober 2021 | 07:12 WIB
Iwan Subarkah (subarkah_nurdiawan@investor.co.id)

WASHINGTON, investor.id – Uni Eropa (UE) akhir pekan lalu menyatakan bahwa perselisihan kapal selam dengan Amerika Serikat (AS) telah berakhir. Satu bulan setelah Prancis dimuat marah oleh AS karena kehilangan kontrak pembelian kapal selam bernilai tinggi dengan Australia.

“Kami tidak akan menyiksa diri sendiri dan berkukuh bahwa ini masalah bagi kami. Ini merupakan insiden, ada kesalahpahaman juga, dan karena minimnya komunikasi. Sekarang semuanya sudah berakhir dan mari lupakan,” kata Kepala Kebijakan Luar Negeri UE Josep Borrell, saat berkunjung ke Washington, AS, seperti dikutip AFP.

Prancis bulan lalu menarik para duta besarnya. Negara ini menuding AS menipu dan Australia menikam dari belakang. Karena Australia membatalkan kontrak pembelian kapal selam konvensional buatan Prancis yang bernilai jutaan dolar AS.

Australia menyatakan pihaknya memutuskan untuk membeli kapal selam nuklir karena ketegangan terus meningkat dengan Tiongkok. Dan dalam kerja sama, yang dikukuhkan dengan aliansi baru dengan AS serta Inggris, Australia juga mendapatkan hak kepada teknologinya.

Ketegangan mulai mereda setelah Presiden AS Joe Biden menelepon Presiden Prancis Emmanuel Macron dan berjanji AS akan berkomunikasi lebih baik dengan sekutu historisnya itu. Borrell waktu itu menyatakan solidaritas dengan Prancis, yang bersama Jerman merupakan kekuatan utama di UE.

Editor : Happy Amanda Amalia (happy_amanda@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN