Menu
Sign in
@ Contact
Search
Presiden Rusia Vladimir Putin. (FOTO: Dmitry Azarov/POOL/TASS)

Presiden Rusia Vladimir Putin. (FOTO: Dmitry Azarov/POOL/TASS)

Putin dan Putra Mahkota Saudi Bahas Minyak Bumi

Jumat, 22 Juli 2022 | 12:20 WIB
Grace El Dora (redaksi@investor.id)

MOSKOW, investor.id – Presiden Rusia Vladimir Putin dan Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman berbicara tentang pasar minyak dalam percakapan telepon, kata pernyataan kantor kepresidenan Kremlin.

Pernyataan itu disampaikan kurang dari seminggu setelah penguasa de facto Arab Saudi bertemu dengan Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden yang berkunjung ke Saudi.

“(Putin dan Pangeran Mohammed membahas) secara rinci situasi di pasar minyak internasional. Mereka menekankan pentingnya memperkuat kerja sama di OPEC+,” kata Kremlin dalam pernyataan resminya, Jumat (22/7).

Baca juga: Ketidakpastian Produksi OPEC+ di Masa Mendatang Batasi Harga Minyak

Kartel minyak OPEC yang dipimpin Saudi telah bekerja sama dengan sejumlah negara pengekspor minyak lainnya termasuk Rusia selama beberapa tahun untuk lebih mengontrol pasar minyak.

Kelompok sekutu yang disebut OPEC+ memperkenalkan pengurangan produksi selama pandemi virus corona, yang membantu pasar minyak pulih dari jatuhnya harga hingga di bawah nol.

Negara-negara OPEC+ secara bertahap melonggarkan pemotongan itu. Tetapi berakhirnya pembatasan Covid-19 di sebagian besar negara telah membuat permintaan pulih.

Sementara itu, operasi militer Rusia di Ukraina juga memicu kekhawatiran pasokan dan membuat harga minyak sempat melonjak di atas US$ 120 per barel tahun ini.

Pernyataan pemerintah Rusia mengatakan Putin dan Pangeran Mohammed mencatat dengan kepuasan bahwa kerja sama oleh anggota OPEC+ telah memungkinkan untuk menjaga keseimbangan dan stabilitas yang dibutuhkan di pasar energi global.

Seruan itu datang karena pasar energi global telah ditandai oleh volatilitas karena para trader berada di antara kekhawatiran tentang pasokan dan kekhawatiran bahwa resesi global akan menghancurkan permintaan.

Baca juga: Minyak Kembali Menguat Didukung Sentimen Pembicaraan Rusia - Saudi

Badan Energi Internasional (IEA) memperingatkan pekan lalu bahwa pasokan minyak mungkin tidak dapat memenuhi permintaan tahun depan.

Menurut pemerintah Rusia, Putin juga membahas konferensi tingkat tinggi awal pekan ini di Teheran, Iran yang mempertemukan para pemimpin Iran, Rusia, dan Turki. Tiga negara ini terlibat dalam konflik Suriah yang meletus pada 2011.

Editor : Grace El Dora (graceldora@gmail.com)

Sumber : AFP

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com