Menu
Sign in
@ Contact
Search
Seseorang yang mengenakan masker pelindung berdiri di depan papan stok elektronik yang menunjukkan indeks Nikkei 225 pada 31 Agustus 2022 di Tokyo, Jepang. (FOTO: AP/Eugene Hoshiko)

Seseorang yang mengenakan masker pelindung berdiri di depan papan stok elektronik yang menunjukkan indeks Nikkei 225 pada 31 Agustus 2022 di Tokyo, Jepang. (FOTO: AP/Eugene Hoshiko)

Saham Asia Pasifik Naik, Fed Beri Sinyal Laju Suku Bunga Melambat

Kamis, 1 Des 2022 | 08:52 WIB
Grace El Dora (redaksi@investor.id)

TOKYO, investor.id – Pasar di Asia Pasifik dibuka lebih tinggi, melanjutkan optimisme di balik reli Wall Street di Amerika Serikat (AS). Gubernur Federal Reserve (Fed) Jerome Powell mengonfirmasi kenaikan suku bunga yang lebih kecil dapat dimulai pada Desember 2022.

Nikkei 225 di Jepang naik 1,13% sedangkan Topix naik 0,25%. Di Korea Selatan, Kospi naik 0,77% sedangkan S&P/ ASX 200 di Australia naik 0,82% pada perdagangan pagi Asia.

Di Tiongkok, analis yang disurvei oleh Reuters memperkirakan Indeks Manajer Pembelian (PMI) Manufaktur Caixin/ Markit berada di level 48,9 untuk November, yang akan menandai kontraksi bulan ketiga berturut-turut.

Semalam di AS, indeks utama mengakhiri sesi lebih tinggi, dengan S&P mengakhiri penurunan beruntun tiga hari dan Dow Jones melompat 700 poin setelah komentar Powell.

Advertisement

PDB Korsel Konfirmasi Pertumbuhan

Produk domestik bruto (PDB) Korea Selatan (Korsel) yang direvisi untuk kuartal III-2022 mengonfirmasi pertumbuhan sebesar 3,1% dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu. Angka ini lebih tinggi dari ekspansi 2,9% yang terlihat pada kuartal II-2022.

Namun perekonomian mengalami pertumbuhan kuartalan yang lebih lambat sebesar 0,3% pada kuartal III-2022, menyusul pertumbuhan sebesar 0,7% pada periode sebelumnya.

Secara terpisah, pemerintah Korsel melaporkan defisit perdagangan sebesar US$ 7,01 miliar untuk November, melebihi ekspektasi sebesar US$ 4,42 miliar. Ini menandai bulan ketiga berturut-turut peningkatan defisit perdagangan didorong oleh ekspor yang lesu.

Ekspor menyusut 14%, lebih rendah dari perkiraan penurunan 11%. Sementara impor tumbuh lebih dari yang diharapkan sebesar 2,7%, menurut data awal dari badan bea cukai.

Powell Percaya Kebijakan Fed Menuju Soft Landing

Gubernur Fed Jerome Powell mengatakan dirinya terus percaya pada jalan menuju pendaratan “lunak” (soft landing), bahkan jika jalan tersebut telah menyempit selama setahun terakhir.

“Saya ingin terus percaya bahwa ada jalan menuju pendaratan yang lunak atau melunak,” kata Powell di Brookings Institution, Kamis (1/12).

“Tugas kita adalah mencoba mencapainya, dan saya pikir itu masih bisa dicapai. Jika Anda melihat sejarahnya, itu bukan hasil yang mungkin, tapi saya hanya akan mengatakan ini adalah keadaan yang berbeda,” jelasnya.

Wall Street Melonjak Setelah Komentar Fed

Komentar Powell menunjukkan bank sentral akan memperlambat kenaikan suku bunga di masa depan segera setelah Desember memberikan tekanan pada tiga indeks utama.

S&P 500 melonjak 0,6% dari sebelumnya merah, menyusul berita dari Fed.

Dow hampir datar setelah diperdagangkan turun hampir sepanjang hari.

Komposit Nasdaq memanas dengan kenaikan hingga 1,3%.

Editor : Grace El Dora (graceldora@gmail.com)

Sumber : CNBC

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com