Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Ilustrasi bursa saham Eropa. (Foto AFP)

Ilustrasi bursa saham Eropa. (Foto AFP)

Saham Eropa Ditutup Bervariasi, BoE Pertahankan Suku Bunga

Jumat, 7 Mei 2021 | 06:36 WIB
Listyorini (listyorini205@gmail.com)

Investor.id – Saham di kawasan Eropa ditutup bervariasi pada Kamis (6/5/2021) waktu setempat. Pasar mencermati musim laporan keuangan dan pernyataan dari Bank of England.

Pan-European Stoxx 600 mengakhiri sesi turun 0,1% setelah sebelumnya naik di atas garis datar. Saham perjalanan dan rekreasiturun 1,7%, karena sektor dan bursa utama berjuang untuk arah.

Bank of England (BoE) mempertahankan suku bunga pinjaman acuan dan program pelonggaran kuantitatif tidak berubah pada hari Kamis, sambil mencatat bahwa pemulihan ekonomi Inggris sedang dipercepat. BoE meningkatkan prospek pertumbuhan 2021 untuk ekonomi terbesar kelima dunia menjadi 7,25%, sedikit di atas ekspektasi analis.

Dalam wawancara dengan Joumanna Bercetche dari CNBC, Gubernur BoE Andrew Bailey memperkirakan inflasi akan "sedikit bergelombang" tahun ini. Tetapi ia bersikeras bahwa ada sedikit alasan untuk panik dalam jangka menengah.

Di Wall Street, saham AS naik karena investor menunggu laporan pekerjaan yang sangat diantisipasi pada hari Jumat. Data yang dirilis pada hari Kamis menunjukkan klaim pengangguran pertama kali turun di bawah 500.000, menandakan bahwa pasar tenaga kerja semakin mendekati tingkat pra-pandemi.

Kembali di Eropa, PMI gabungan Inggris akhir (indeks manajer pembelian) menunjukkan aktivitas bisnis di bulan April melebihi perkiraan kilat sebelumnya yang berada di 60,7, naik dari 56,4 di bulan Maret. Aktivitas sektor jasa tumbuh tajam menjadi 61.0 dari 56.3 di bulan Maret.

Penjualan ritel zona euro juga mengalahkan ekspektasi di bulan Maret naik 2,7% bulan ke bulan, melebihi perkiraan dari jajak pendapat ekonom Reuters untuk kenaikan 1,5%.

Sejumlah emiten merilis pendapatan di Eropa, seperti AB InBev, Societe Generale, Air France-KLM, Volkswagen, ING dan UniCredit. Societe Generale melaporkan "rekor" untuk divisi perdagangannya. Saham SocGen naik 5,5%.

Sementara itu, Volkswagen menaikkan target marginnya setelah melihat lonjakan permintaan untuk kendaraan dengan harga lebih tinggi di kuartal pertama. Saham turun 2,6%.

Di bagian bawah indeks blue chip Eropa, apotek online Jerman Shop Apotheke turun 8,8% setelah pendapatan mengecewakan.

Saham Telecom Italia turun 5,5% setelah laporan media Italia menyatakan bahwa rencana jaringan tunggal perusahaan telah diparkir.

Editor : Listyorini (listyorini205@gmail.com)

Sumber : CNBC.com

BAGIKAN