Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Ketua Komisi Perbankan Senat Amerika Serikat (AS) Senator Sherrod Brown. ( Foto: JOSHUA ROBERT / Getty Images )

Ketua Komisi Perbankan Senat Amerika Serikat (AS) Senator Sherrod Brown. ( Foto: JOSHUA ROBERT / Getty Images )

Senat AS Minta Bank Jelaskan Keterkaitan dengan Archegos

Jumat, 9 April 2021 | 05:59 WIB
Iwan Subarkah Nurdiawan (subarkah_nurdiawan@investor.co.id)

WASHINGTON, investor.id – Ketua Komisi Perbankan Senat Amerika Serikat (AS) Senator Sherrod Brown meminta tiga raksasa perbankan yang beroperasi di AS untuk menjelaskan keterkaitannya dengan Archegos Capital, hedge fund yang baru-baru mengalami rugi besar setelah gagal bayar margin call.

Dalam suratnya kepada pimpinan Goldman Sachs, Nomura Holding America, dan Credit Suisse, senator Demokrat dari Ohio itu mengindikasikan ingin mendapatkan penjelasan tentang keterkaitan tiga bank tersebut dengan Archegos.

Surat tersebut tertanggal Rabu (7/4) waktu setempat dan CNBC melaporkan pihaknya menerima surat yang sama dari Brown kepada Morgan Stanley, setelah tersiarnya kabar tersebut.

Archegos merupakan perusahaan investasi keluarga yang dikelola oleh mantan analis Tiger Management Bill Hwang. Perusahaan ini memicu aksi jual di saham-saham seperti Discovery dan ViacomCBS bulan lalu, setelah dipaksa untuk melikuidasi posisi-posisinya terhadap emiten-emiten tersebut.

Beberapa bank terimbas masalah ini. Credit Suisse dan Nomura menjadi dua broker utama yang mengalami kerugian besar. Dua eksekutif di Credit Suisse sudah mengumumkan akan mengundurkan diri dari posisinya.

Sementara Goldman dan Morgan Stanley berhasil melepas sebagian besar saham yang terkait margin call Archegos, sehingga terhindar dari kerugian.

Brown mengirimkan suratnya kepada CEO Goldman Sachs David Solomon, Konjen Credit Suisse Crystal Lalime, dan CEO Nomura Holding America Yo Akatsuka. Sedangkan surat kepada Morgan Stanley ditujukan kepada CEO-nya James Gorman.

Surat-surat ini menjadi respons pertama dari Kongres AS. Yang mengindikasikan akan membuka penyelidikan. Di luar pernyataan awalnya yang hanya mengecam kekacauan di pasar gara-gara aksi jual tersebut.

Ketika itu Brown mengatakan bahwa regulator-regulator terkait akan memeriksa Archegos. Brown dalam suratnya berusaha menggali keterkaitan antara bank-bank tersebut dan Archegos.

“Penjelasan dan konsekuensi akhir dari kegagalan Archegos ini belum terlihat, tapi transaksi besar-besaran, serta kerugiannya, telah menimbulkan pertanyaan tentang keterkaitan Goldman Sachs dengan Archegos dan perlakuan atas apa yang disebut perusahaan keluarga, rekam jejak Bapak Hwang, dan transaksi-transaksi yang telah mengemuka di media,” bunyi surat kepada Solomon.


 

Editor : Happy Amanda Amalia (happy_amanda@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN