Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
ILustrasi kapal pesiar Royal Caribbean, Anthem of the Seas. ( Foto: royalcaribbean.com )

ILustrasi kapal pesiar Royal Caribbean, Anthem of the Seas. ( Foto: royalcaribbean.com )

Singapura Kuasai Sepertiga Layanan Kapal Pesiar Dunia

Jumat, 9 April 2021 | 06:25 WIB
Happy Amanda Amalia (happy_amanda@investor.co.id)

SINGAPURA, investor.id – Badan Pariwisata Singapura atau Singapore Tourism Board (STB) menyampaikan pada Rabu (7/4) bahwa saat ini Singapura menguasai sepertiga layanan kapal pesiar di dunia. Klaim ini didasarkan pada keberhasilan kapal-kapal pesiarnya yang masih melayani pelayaran kemana saja di tengah krisis Covid-19 yang memukul industri tersebut secara global.

Layanan kapal pesiar sendiri belum banyak dimulai di kebanyakan di dunia menyusul pandemi virus corona Covid-19 yang melanda. Bahkan di awal pandemi, wabah virus itu banyak ditemukan di kapal-kapal pesiar. Singapura sendiri telah menujukkan relatif sedikit kasus Covid-19 domestik sejak tahun lalu.

Layanan kapal pesiar Singapura pun baru terbuka bagi 5,7 juta penduduknya, yang tidak dapat meninggalkan negara kecil itu untuk sekadar bersantai dan memilih melakukan kegiatan, seperti staycation dan bahkan berkemah dalam ruangan. Menurut Badan Pariwisata Singapura, kapal-kapal pesiar itu mencatat sekitar 120.000 penumpang, beroperasi dengan kapasitas lebih rendah, dan dengan protokol kesehatan yang ketat.

Namun STB tidak mengutip sumber data industrinya. Di samping itu, beberapa kapal pesiar dari Karibia diperkirakan kembali melayani penumpang mulai Juni. Sedangkan, Pusat Penyakit atau Centers for Disease Amerika Serikat (AS) memutuskan mempertahankan aturan pembatasan ketat untuk melanjutkan layanan kapal pesiar dari Amerika Serikat.

Menurut Asosiasi Internasional Jalur Kapal Pesiar atau Cruise Lines International Association, sudah ada sejumlah kapal pesiar yang beroperasi di beberapa bagian negara di Eropa, Asia dan Pasifik Selatan. Bahkan, perusahaan kapal pesiar Royal Caribbean mengatakan bulan ini, pihaknya telah memperpanjang musim di Singapura untuk kapal pesiar Quantum of the Seas karena ada lonjakan permintaan yang luar biasa hingga Oktober.

Genting Cruise Lines dan Royal Caribbean pun telah meluncurkan layanan kapal pesiar percobaan mereka pada akhir tahun lalu.

CEO STB Keith Tan mengatakan, Singapura tidak berharap memimpin kapal pesiar dalam waktu lama.

“Selama beberapa bulan ke depan, saya yakin akan ada lebih banyak dimulainya kembali bisnis kapal pesiar di Karibia, dan di Mediterania juga,” kata Tan, yang dikutip CNBC.

Sebagai informasi, industri pariwisata Singapura terpukul parah oleh pandemi dan mendorong jumlah pengunjung turun hampir 86% menjadi 2,7 juta pada tahun lalu.


 

Editor : Happy Amanda Amalia (happy_amanda@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN