Menu
Sign in
@ Contact
Search
Tabung reaksi berlabel

Tabung reaksi berlabel "Virus cacar monyet positif dan negatif" terlihat dalam ilustrasi yang diambil pada 23 Mei 2022. (FOTO: REUTERS/Dado Ruvic/Ilustrasi)

Tiongkok: Jangan Sentuh Orang Asing Kurangi Risiko Cacar Monyet

Senin, 19 September 2022 | 18:59 WIB
Grace El Dora (redaksi@investor.id)

BEIJING, investor.id – Seorang pejabat kesehatan senior Tiongkok menyarankan orang-orang untuk menghindari kontak dengan orang asing, untuk mencegah infeksi cacar monyet (monkeypox) setelah otoritas di daratan Tiongkok melaporkan kasus virus pertama yang diketahui.

“Untuk mencegah kemungkinan infeksi cacar monyet dan sebagai bagian dari gaya hidup sehat kita, disarankan agar 1) Anda tidak melakukan kontak kulit langsung dengan orang asing,” kata Wu Zunyou, kepala ahli epidemiologi di Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Tiongkok di halaman media sosial Weibo resminya, dilansir Senin (19/9).

Baca juga: Antisipasi Penyebaran Cacar Monyet, Kota Bogor Keluarkan Surat Edaran

Wu juga meminta orang-orang untuk menghindari kontak seperti itu dengan orang-orang yang telah berada di luar negeri dalam tiga minggu terakhir, serta semua “orang asing”, saat ia memperingatkan kewaspadaan.

Unggahannya dibagikan secara luas di media sosial, tetapi bagian komentar kemudian dinonaktifkan.

Beberapa, yang mengomentari versi yang diteruskan atau tangkapan layar dari unggahan awal, mempertanyakan mengapa orang asing di Tiongkok yang banyak di antaranya adalah penduduk jangka panjang dan belum pergi baru-baru ini karena hambatan Covid-19, dianggap lebih berbahaya daripada orang Tiongkok.

Wu tidak segera menanggapi permintaan Reuters untuk mengomentari hal ini, yang dikirim ke akun media sosialnya pada Senin.

Kota barat daya Chongqing mencatat infeksi virus cacar monyet pada Jumat (16/9) pada seseorang yang tiba dari luar negeri, menandai infeksi cacar monyet pertama yang diketahui di daratan Tiongkok di tengah wabah global virus baru-baru ini.

Baca juga: BPOM Proaktif Percepat Proses Vaksin Cacar Monyet

Orang yang terinfeksi adalah warga negara Tiongkok berusia 29 tahun yang terbang ke Chongqing pada 14 September 2022 dari Spanyol, kata Pusat Pengendalian Penyakit.

Risiko penularannya rendah karena orang tersebut dikarantina setibanya di Chongqing, kata komisi kesehatan kota dalam sebuah pernyataan. Semua kontak dekat diisolasi dan ditempatkan di bawah pengawasan medis.

Sekitar 90 negara di mana cacar monyet tidak endemik telah melaporkan wabah penyakit virus, yang telah dinyatakan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sebagai darurat kesehatan global. Ada lebih dari 60.000 kasus yang dikonfirmasi dan beberapa negara non endemik telah melaporkan kematian pertama mereka terkait cacar monyet.

Editor : Grace El Dora (graceldora@gmail.com)

Sumber : REUTERS

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com